Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Sejarah Nama Blog Dan Blogger

PENGETAHUAN - Banyak orang yang sering mendengar kata blog dan blogger. Dan banyak juga yang menggunakannya untuk memperoleh keuntungan dan menerima uang. Untuk menambah pengetahun,  akan dibahas perihal sejarah nama blog dan blogger. Berikut ialah sejarah menarik dari nama blog dan blogger yang banyak orang belum mengetahuinya.

Sejarah Nama Blog


Blog adalah sebuah aplikasi web yang merupakan bab dari situs yang dapat diakses secara online dengan fungsi utamanya yang memuat dan menyajikan banyak sekali goresan pena dan gambar dalam postingan pada setiap halaman pada web. Blog biasanya dikelola oleh para pengguna personal dan sebagian blog lainnya dikelola oleh beberapa penulis dan perusahaan dengan menyesuaikan topik dan tujuan dari para pengguna blog tersebut.

Pada dasarnya blog berfungsi sebagai media publikasi untuk menyalurkan banyak sekali inspirasi serta catatan melalui goresan pena – goresan pena yang dapat dimuat dalam postingan biar dapat dibaca banyak orang dari seluruh penjuru. Dalam perkembangan teknologi sekarang, blog juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara memasang iklan pada blog yang memiliki visitor. Jika seseorang telah memiliki sebuah blog dengan pengunjung yang cukup tinggi maka dapat dicoba untuk memasang iklan dan menerima penghasilan dari blog yang telah dikelola.

Media blog awalnya dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki dan dikembangkan oleh perusahaan Pyra Labs yang diperkenalkan pada agustus 1999. Karena populernya, Pyra Labs kemudian diakusisi oleh Google semenjak final tahun 2002. Setelah itu, banyak muncul banyak sekali aplikasi yang bersifat open source yang digunakan untuk membuatkan kemampuan para penulis blog.

Jenis – jenis blog ada banyak sekali diantaranya menyerupai blog kesehatan, blog pribadi, blog bertopik, blog kesehatan, blog perjalanan, blog agama, blog media, blog bisnis, blog fashion dan sebagainya. Semua blog tersebut telah dibuat dan dikembangkan sesuai dengan tujuannya masing – masing.

Blogger

Sejarah Nama Blogger


Blogger adalah sebuah layanan publikasi dari suatu blog yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam membuat situs blog. Blogger dibuat oleh perusahaan Pyra Labs dan diakusisi oleh perusahaan Google semenjak tahun 2003. Pada umumnya, blog yang memiliki host di google berada pada subdomain blogspot.com.

Blogger telah membolehkan para penggunanya untuk mempublikasikan blog tersebut di server lain menggunakan FTP hingga tanggal 1 mei 2010. Namun, setelah tanggal tersebut, semua blog diharuskan untuk disimpan pada server Google, meskipun para penggunanya dapat menggunakan alamat situs miliknya sendiri dengan memakai fitur Custom URL.

Blogger diluncurkan oleh perusahaan Pyra Labs sebagai sebuah perangkat untuk publikasi blog yang pertama di dunia pada tanggal 23 Agustus 1999. Blogger memiliki tugas yaitu untuk mempopulerkan format blog yang ada di dunia. Pyra Labs diakusisi oleh perusahaan Google pada bulan februari 2003, sehingga membuat beberapa fitur premium pada blogger yang sebelumnya diperjual belikan oleh perusahaan Pyra Labs menjadi sebuah layanan penuh yang gratis. Kemudian pada bulan oktober 2004, salah satu pendiri dari Pyra Labs, yaitu Evan Williams mengundurkan diri dari perusahaan Google.

Google membeli picasa pada tahun 2004. Google telah mengintegrasikan antara picasa dengan blogger sehingga para pengguna Picasa dapat mempublikasikan banyak sekali koleksi fotonya ke dalam situs blog yang dimilikinya.

Blogger memperkenalkan beberapa perubahan pada sistem publikasi dari blog, yaitu dengan menambahkan fitur menyerupai template yang memenuhi standar web, fitur posting melalui email, dan halaman arsip individual untuk posting dan komentar. Hal ini dilakukan Blogger pada tanggal 9 mei 2004.

Blogger meluncurkan blog versi terbarunya yang masih dalam tahan beta pada tanggal 14 agustus 2006 dengan nama isyarat Invader. Versi terbarunya ini yaitu dengan memindahkan para pengguna blogger menuju ke server yang dimiliki Google serta menambahkan beberapa fitur baru. Kemudian pada bulan desember 2006, versi terbarunya sudah keluar dari tahap beta. Dan pada bulan mei 2007, blogger telah selesai memindahkan semua data penggunannya munuju server Google.

Semua blog yang ada di blogger pada tahun 2006 telah dipindahkan ke server Google. Dengan hal ini, layanan blogger akan menjadi lebih stabil alasannya kualitas server milik Google lebih baik daripada sebelumnya.

Seiring dengan hal tersebut, beberapa fitur gres dari blogger telah diperkenalkan, menyerupai penataan layout template dengan cara menggeser dan meletakkan (drag and drop), administrasi label, izin pembacaan blog, dan opsi feed web. Kini setiap blog telah diperbarui secara dinamis. Berbeda dengan versi sebelumnya yang dimana untuk setiap postingan atau komentar gres diharuskan menulis ulang dengan file HTML.

Google kemudian memperkenalkan beberapa fitur gres pada bulan september 2009. Fiturnya meliputi tampilan gres untuk menulis postingan, implementasi berbasis Google Docs, penyempurnaan penanganan gambar, pengubahan tautan di mode penulisan (compose mode), penanggalan postingan ditentukan dikala publikasi.

Blogger memperkenalkan template yang gres dan mendesain ulang situsnya pada tahun 2010. Blogger juga mengupdate banyak sekali fiturnya pada tahun 2013, diantaranya yaitu fitur komentar dan integrasi dengan Google+, desain antar muka yang diperbarui pada tahun 2012, integrasi secara pribadi dengan google adsense pada tahun 2012, dan fitur mobile template yang membuat seseorang dapat mendesain atau memilih desain yang disediakan sehingga para pengguna dapat melihat blog menggunakan handphone atau gadget dengan desain yang telah diadaptasi (responsive)

Bagaimana, unik dan menarik kan sejarah nama blog dan blogger ? Semoga hal ini dapat menambah pengetahuan mengenai blog dan blogger. Semoga bermanfaat.


loading...