Ini Alasan Harus Menggunakan Handuk Terpisah Untuk Tubuh Dan Wajah

Ilustrasi (foto: Brit)

Menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan badan dan wajah memang sudah hal biasa dilakukan banyak orang. Tapi tahukah anda bahwa menggunakan handuk yang sama untuk badan dan wajah merupakan hal yang salah?

Amy Weschler , M. D. , spesialis kecantikan kulit dan penulis dari The Mind-Beauty Connection : 9 Days to Less Stress , Gorgeous Skin and a Whole New You , mengatakan bahwa sebaiknya gunakanlah handuk untuk wajah dan badan secara terpisah. Kulit wajah lebih sensitif dan lembut sehingga rambut atau minyak dari badan Anda tidak diperbolehkan mengenai wajah Anda.

"Anda harus selalu menggunakan handuk terpisah untuk mengeringkan wajah Anda - terutama jikalau Anda cenderung berjerawat ," kata Amy , menyerupai dilansir Cosmopolitan.

Bukan hanya itu yang menjadi alasan handuk untuk badan harus terpisah dengan wajah. Alasan lainnya ialah basil , virus serta jamur dari badan yang menempel di handuk yang berasal dari lengan , kaki , atau punggung akan berpindah dan berkembang biak pada wajah. Inilah salah satu penyebab dari bisul dan dilema kulit wajah lainnya.

"Bakteri yang tertinggal di kulit Anda , lengan , kaki , pundak , memiliki beberapa kekhususan ke daerah-daerah badan , dan jikalau Anda menggunakan handuk di badan Anda kemudian wajah Anda , Anda dapat mentransfer basil dan virus dan jamur ke kulit Anda ," terang jago lain berjulukan Christopher Mason , Ph.D. , ajun profesor di departemen fisiologi dan biofisika Weill Cornell.

Lantas bagaimana caranya supaya tidak ribet dikala menggunakan satu handuk untuk membersihkan wajah dan tubuh?

Dr. Weschler mengatakan hal itu mampu dilakukan. Caranya , gunakan episode sisi handuk untuk mengeringkan tubuh. Kemudian , gunakan sisi handuk yang satunya lagi untuk membersihkan wajah. Cara itu sangat simpel dan tidak ribet tapi mampu membersihkan badan dan wajah secara maksimal.

Memang menggunakan handuk yang terpisah untuk badan dan wajah terkesan sangat merepotkan. Tapi , tidak ada salahnya menerapkan hal tersebut untuk menerima kulit wajah dan badan yang sehat dan terhindar dari dilema kulit.