Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Inilah 10 Hewan Tertua Di Dunia

Kura-kura tertua di dunia (foto: Oddee)

Manusia pada umumnya hidup antara rentang usia 65 tahun hingga 80 tahun , atau lebih. Begitupun dengan hewan yang memiliki impian hidupnya masing-masing.

Bila kebanyakan orang menganggap umur insan lebih panjang dari kebanyakan hewan , tapi itu belum tentu kalau dibandingkan dengan hewan-hewan tertua di muka bumi ini. Beberapa hewan ini bahkan hidup hingga beratus-ratus tahun melebihi manusia.

Seperti dilansir Oddee , berikut beberapa hewan yang diklaim sebagai hewan tertua di dunia yang pernah hidup.

10. Kerang Tertua

(foto: Oddee)
Ming ialah seekor kerang yang berusia 507 tahun. Dia memang tampak biasa-biasa saja , tapi siapa sangka ia telah hidup sangat lama. Sebenarnya Ming mampu hidup lebih lama kalau para ilmuwan tidak menemukannya. Pasalnya , para ilmuwan membuat kerang tertua ini mati.

Tapi kalau para ilmuwan tidak menemukan Ming dan membuka cangkangnya , maka usianya tidak akan diketahui. Para ilmuwan yang membuka cangkang Ming dikala itu tidak tahu bahwa mereka telah membunuh hewan tertua di bumi. Satu hal yang menarik dari maut Ming ialah para ilmuwan kesudahannya mengetahui dari cangkang kerang itu bagaimana perubahan suhu laut selama 500 tahun terakhir dan kesudahannya terungkaplah diam-diam perihal penuaan.

9. Kura-Kura Tertua

(foto: Oddee)

Kura-kura memang dikenal sebagai hewan yang berumur panjang. Tetapi seekor kura-kura yang tinggal di kebun binatang Alipore , India , ialah pemegang rekor sebagai kura-kura tertua di dunia selama 250 tahun.

Nama kura-kura ini ialah Adwaita. Dia ditemukan sekitar tahun 1700-an di Kepulauan Seychelles sebelum diberikan pada Jenderal Inggris Robert Clive dari East India Company. Clive merawat Adwaita seagai hewan peliharaannya sebelum kura-kura itu diberikan ke kebun binatang sekitar tahun 1875. Adwaita hidup selama 125 tahun di kebun binatang tersebut , hingga kesudahannya ia mati pada tahun 2006. Para peneliti menggunakan cangkangnya untuk meneliti dan memastikan usianya.

8. Kucing Tertua

(foto: Oddee)

Kucing tertua yang pernah hidup di dunia ini berjulukan Tiffany Two. Kucing ini mati pada tahun 2015 di usia 27 tahun dan Guinnes World Records belum mengganti gelar Tiffany sebagai kucing tertua di dunia. Tapi , 27 tahun tentu belum sebanding dengan kucing tertua lainnya yang berusia 38 tahun.

Cream Puff tinggal di Austin , Texas bersama pemiliknya Jake Perry dan kucing yang lain berjulukan Grandpa. Pada dikala mati , Grandpa ialah pemegang gelar kucing tertua di dunia. Tetapi , Cream Puff hidup selama 34 tahun dan kesudahannya ialah yang mengambil alih gelar tersebut.

Sejak pemegang rekor kucing tertua di dunia berasal dari pemelihara yang sama , banyak yang berpendapat bahwa Perry memberi makanan yang tak biasa bagi kucing-kucingnya menyerupai daging , telur , asparagus dan brokoli. Banyak yang mengkalim bahwa makanan itulah yang membuat kucing-kucingnya hidup sangat lama.

7. Anjing Tertua

(foto: Oddee)

Sejauh ini belum ada laporan yang mengkonfirmasi ada seekor anjing yang hidup hingga 30 tahun.Tapi , seekor anjing berjulukan Max ini dilaporkan berusia 29 tahun 282 hari. Anjing campuran beagle , daschund , dan terrier ini lahir pada tahun 1983 dan diadopsi oleh pemiliknya , Janelle Derouen. Catatan anjing ini dan pengesahan dari Derouen menyebabkan Max menjadi pemegang rekor anjing tertua di dunia.

6. Kuda Tertua

(foto: Oddee)

Lahir pada tahun 1760 , Old Billy hidup selama hampir 60 tahun. Dia hidup dua kali lebih lama dari kuda pada umumnya. Billy tidak menghabiskan hidupnya hanya untuk bersantai , tapi ia ialah seekor kuda tongkang.

Ketika ia mulai menua , ia menjadi bungkuk dan tulang-tulangnya menonjol pada permukaan kulitnya. Billy menjadi seekor kuda yang jadi selebriti lokal dan ia pernah dilukis oleh seorang pelukis terkenal berjulukan W. Taylor pada usia 60 tahun.

Billy disebut sebagai kuda tongkol dengan mantel coklat dan garis putih yang sangat khas. Setelah kematiannya , tengkoraknya terbelah dua yang dipamerkan di Museum Manchester dan Galeri Seni Cecil Higgins & Bedford Museum.

5. Lobster Tertua

(foto: Oddee)
Seorang nelayan menangkap George , seekor lobster yang ditemukan pada tahun 2008. Dia kemudian menjual lobster tersebut ke City Crab dan Seafood seharga $100 alasannya ialah ukuran tubuhnya yang kurang lebih dari 20 pon.

Manajer restoran , Keith Valenti , mengatakan lobster ini tidak untuk dimakan tapi hanya disimpan sebagai maskot restoan untuk menarik minat pembeli. Lobster ini tinggal sekitar 10 hari di restoran hingga kesudahannya dilepas ke alam liar jawaban adanya demo dari PETA yang menuntut restoran tersebut untuk mengembalikan George ke alam bebas.

Para anggota PETA ini sangat yakin bahwa George sudah hidup sangat lama dilihat dari ukuran badan dan beratnya. Mereka mengklaim bahwa George berusia sekitar 140 tahun. Setelah dilepas , belum ada yang mengkonfirmasi apakah lobster ini masih hidup atau tidak.

4. Gajah Tertua

(foto: Oddee)

Jika seekor gajah tidak pernah lupa , maka Lin Wang ialah seekor gajah yang memilki banyak memori untuk diingat. Seekor gajah biasanya memilki rentang usia 50 tahunan , tapi berbeda dengan Lin Wang yang mati di tahun 2003 ketika ia berusia 86 tahun.

Pada masa Perang Dunia II , Jepang mempekerjakan gajah untuk mengangkut pasokan. Ada sebuah foto yang menyampaikan Lin Wang pada tahun 1943 di sebuah camp di Jepang , foto ini digunakan untuk Chinese Expeditionary Force pada tamat perang.

Pada tahun 1952 , Lin Wang disumbangkan ke Taipei dimana ia diperkenalkan dengan pasangan hidupnya , Malan. Lin Wang sangat menarik perhatian pengunjung dan ia mendapat julukan "Kakek Lin Wang". Ketika ia mati di tahun 2003 , upacara kematiannya berlangsung berminggu-minggu dan menyita perhatian banyak pengunjung.

3. Kadal Tertua

(foto: Oddee)

Tuatara (sejenis kadal) ini memang terkenal alasannya ialah umur panjangnya yang mencapai 100 tahun. Tuatara tertua yang pernah didokumentasikan berada di Southland Museum of New Zealand. Kini ia berusia 117 tahun dan ia memilki anak pertama pada usia 111 tahun.

2. Ikan Koi Tertua

(foto: Oddee)

Mungkin ini ialah salah satu ikan tertua di dunia. Hanako , ialah seekor ikan koi yang mati tahun 1977 di usianya yang ke-226 tahun. Para ilmuwan menggunakan skala cincin pada dirinya untk memastikan berapa usianya. Para ilmuwan yakin bahwa ikan ini lahir sebelum Amerika Seriakt didirikan.

1. Ikan Mas Tertua

(foto: Oddee)

Ikan mas biasanya didapatkan bawah umur dari ekspo yang kesudahannya harus mati hanya dalam waktu 1 atau 2 bulan. Tapi seekor ikan mas benama Goldie ini hidup selama 45 tahun setelah diberikan kepada ibu Pauline Evans pada tahun 1960. Ketika orang renta Pauline meninggal di tahun 90-an , Pauline kesudahannya mewarisi untuk merwat ikan mas tersebut hingga tahun 2005.

Karena belum ada dokumentasi untuk mengkonfirmasi usia Goldie , hingga dikala ini belum ada verifikasi mengenai usia Goldie.
loading...