Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

8 Alasan Mengejutkan Mengapa Anda Terus Merasa Lapar

Ilustrasi lapar (foto: Manna Helath)

Rasa lapar tiba-tiba datang setelah Anda berolahraga atau melaksanakan acara berat memang hal yang sangat umum terjadi pada tubuh kita. Tapi , bila Anda terus menerus merasa lapar tanpa karena , maka mungkin sesuatu yang salah telah terjadi pada tubuh Anda. Jika Anda mengalaminya , simaklah beberapa alasan berikut ini.

8.  Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol

Beberapa orang sangat menggemari minum-minuman beralkohol. Penelitian pertanda bahwa ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi alkohol , alkohol akan meningkatkan hormon ghrelin pada tubuh Anda. Hormon ghrelin bertanggung jawab untuk memicu rasa lapar.

7. Makan terlalu cepat

Ketika Anda makan dengan cepat , hormon leptin akan berfungsi lebih lambat. Hormon leptin sendiri berfungsi sebagai pengendali rasa kenyang. Hormon leptin akan memberi sinyal ketika Anda sudah merasa kenyang. Sebuah penelitian pertanda bahwa bila Anda mengunyah makanan Anda lebih lama , Anda akan merasa kenyang lebih lama.

6. Kurang tidur

Bila Anda memiliki jadwal yang sibuk dan kurang waktu istirahat , tubuh Anda akan memproduksi hormon leptin lebih lambat dan bahkan terhambat. Dampak lain dari kurang tidur yaitu meningkatnya hormon ghrelin dalam tubuh anda.

5. Melewatkan sarapan

Kebanyakan orang yang menjalani diet pasti melewatkan sarapan. Padahal , ketika Anda melewatkan sarapan , Anda akan lebih lapar dari biasanya. Survey membuktikan bahwa orang yang melewatkan sarapan sebanyak lima kali , maka dia cenderung mengkonsumsi lebih banyak makanan dibandingkan dengan orang yang sarapan sehat setiap pagi.

4. Terlalu banyak menonton TV

Ketika menonton TV , tidak akan terasa lengkap tanpa mengkonsumsi cemilan atau makanan ringan. Makanan ringan mengandung kalori lebih banyak dibandingkan makanan sehat lainnya. Beberapa penelitian pertanda bahwa orang yang menonton televisi lebih dari dua jam sehari akan lebih cepat lapar dan kemungkinan besar mengalami obesitas.

3. Makan ketika stress

Banyak orang yang melampiaskan emosi atau perasaan negatifnya dengan cara makan. Hasil penelitian pertanda bahwa ketika Anda makan ketika stress , Anda akan cenderung terus menerus mengkonsumsi makanan. Ketika Anda merasa stress , dorongan untuk makan akan lebih meningkat yang berakibat pada naiknya berat badan. Walaupun makan itu dapat meringankan perasaan negatif atau kecemasan.

2. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan tubuh kita merasa lapar , mudah marah , lemas , atau rendah energi. Kadang-kadang , ketika seseorang mengalami dehidrasi kronis , dia akan merasa sangat lapar yang sebetulnya itu yaitu rasa haus berlebihan.

1. Mengkonsumsi permen karet

Ketika mengunyah permen karet (bahkan permen karet bebas gula) , dapat membuat Anda sangat menginginkan makan dan malah menambah nafsu makan Anda. Saat mengunyah permen karet , Anda akan menelan air liur yang diproduksi. Air liur ini terus bergerak ke perut , diikuti perut Anda akan mencari makanan yang menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat.

Sumber: Healthmeup    
loading...