Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Ketika kita membayangkan perihal insan yang hidup zaman dulu , mungkin kita bakal berpikir mereka primitif , ndeso , bego , pokoknya yang enggak-enggak banget deh. Tapi jangan salah , ternyata gaya hidup mereka nggak jauh berbeda dengan kita sekarang loh. Zaman dahulu mereka juga sudah memiliki bermacam teknologi canggih menyerupai beberapa teladan di bawah ini.

Padahal mungkin kita pikir hal-hal di bawah ini yaitu penemuan modern yang gres ini diciptakan (atau nggak ada lah pas zaman purba). Namun ternyata hal hal ini sudah ada semenjak zaman baheula , bahkan banyak yang ditemukan pada masa sebelum Masehi alias lebih dari 2 millenium lalu. Mau tahu penemuan apa aja itu ? Mari kita simak ulasan mimin berikut ini.

1. MALL

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Istilah “mall” emang terdengar modern banget , namun ente jangan ngaku gaul dulu gara-gara sering jalan ke mall sambil jajan di McD , soalnya mall ama makanan fast food udah ada semenjak zaman Romawi kuno loh , tepatnya 2000 tahun lalu. Trajan Market yaitu mall pertama di dunia yang dibangun pada 113 M di kota Roma dan memiliki konsep menyerupai mall zaman sekarang.

Sebuah bangunan besar yang dipetak menyerupai kios yang menjual banyak sekali kebutuhan menyerupai pakaian , pelengkap , kosmetik , bahkan restoran fast food. Namun mall tertua di dunia yang masih beroperasi sampai dikala ini ternyata dibangun oleh peradaban Islam , yaitu Grand Bazaar di Istanbul yang dibangun pada periode ke-15.

2. ELEVATOR

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Kalo biasa maen ke mall atau tinggal di apartemen pasti kalian udah nggak abnormal sama yang namanya lift. Ternyata lift sudah ada semenjak tahun 236 SM di Yunani. Pasti kalian bertanya , siapa penemunya? yaps Penemunya siapa lagi kalo bukan Archimedes. Lift juga udah umum digunakan di Coloseum untuk mengangkut para gladiator dari ruang bawah tanah ke arena. Cuman , tentu saja sumber energi lift purba ini bukanlah listrik melainkan ditarik oleh tenaga insan atau keledai.

3. SENJATA BIOLOGIS DAN KIMIA

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Kita dijamin merinding mendengar kata “senjata biologis” yang terbayang menyerupai virus , kuman anthrax , wabah zombie (kalo ada). Tapi ternyata , orang pada zaman dahulu tak kalah bengis , bahkan mereka telah menggunakan senjata biologis sepanjang sejarah. Pada periode ke-6 SM , pasukan kerajaan Assyria di Mesopotamia kuno menggunakan senjata biologis berupa jamur beracun yang dimasukkan ke dalam sumur musuh mereka.

Pada 1346 , pasukan Mongol menggunakan senjata biologis dengan melemparkan mayit prajurit yang mati karena wabah ke dalam tembok kota yang ingin mereka hancurkan , supaya penyakit itu juga ikut menulari warga kota tersebut. Bahkan ada yang mengira , peristiwa itu merupakan permulaan wabah Black Death di Eropa.

Salah satu jenis senjata pemusnah massal lain yang bahkan sudah dikenal jauh sebelum senjata biologis yaitu senjata kimia. Terbukti dengan penggunaan senjata biologis dan kimia pada banyak sekali mitologi , mulai Ramayana , Mahabharata , sampai Hercules (dikisahkan Hercules tewas setelah terkena racun Hydra). Pada periode ke-2 SM , bangsa Cina sudah menggunakan gas asap sejenis gas air mata yang bahkan lebih mematikan ketimbang gas air mata yang digunakan polisi dikala ini.

4. PERTAMBANGAN URANIUM

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Mendengar kata uranium pasti di pikiran kita eksklusif terbersit perihal tenaga nuklir. Sebelum insan mengenal tenaga nuklir pada periode ke-20 , tentu belum ada pertambangan uranium bukan ? Namun ternyata uranium sudah dimanfaatkan insan jauh sebelum itu. Paling tidak pada tahun 79 M , uranium digunakan sebagai pewarna kuning pada keramik.

Pada periode pertengahan Eropa , uranium juga ditambang di wilayah yang kini dikenal sebagai Republik Ceko sebagai materi untuk mewarnai beling patri. Namun sayang , menurut sumber pun banyak yang belum mengetahui apakah orang zaman dulu sudah mengetahui dampak berbahaya dari radiasi uranium itu sendiri

5. KOSMETIK

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Wanita sudah memiliki dorongan untuk tampil cantik semenjak tahun 10.000 SM , dibuktikan dengan ditemukannya kosmetik pada zaman itu , jauh sebelum insan menemukan roda. Peradaban Mesir pada 10.000 SM mencatat penggunaan sunblock pertama di dunia (mengingat hawa Mesir yang panas menyengat) menggunakan krim minyak. Mereka juga menemukan parfum pada waktu yang sama.

Pada tahun 4000 SM , kaum wanita mulai membawa kosmetik mereka di sebuah kotak , menyerupai layaknya wanita zaman sekarang. Pada tahun 3.000 SM , orang Cina menggunakan pewarna kuku (kuteks) dan tahun 1.000 SM , bangsa Yunani menggunakan lipstik dari serbuk besi untuk memerahkan bibir mereka.

6. BEDAH PLASTIK

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Fakta yang dijamin lebih bikin kita nggak nyangka yaitu oplas bro , operasi plastik juga sudah ada semenjak 4 ribu tahun yang lalu ! Ternyata asal mula operasi plastik bukan di Korea , melainkan di India kuno dan sudah dilakukan semenjak tahun 2.000 SM. Pada tahun 600 SM , seorang tabib India berjulukan Sushruta menerbitkan buku pertama yang berisi perihal panduan operasi bedah plastik dan operasi yang paling sering dilakukan dikala itu yaitu rhynoplasti alias memperbaiki bentuk hidung.

Bahkan , pertama kali bangsa Barat mengetahui operasi plastik yaitu pada tahun 1794 , ketika seorang dokter bedah Inggris melihat seorang tukang watu India memperbaiki hidung seorang pria Inggris yang dipotong dikala ia menjadi tahanan seorang sultan/

7. DOKTER GIGI

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Pernah pergi ke dokter gigi ? Pasti kita berpikir kalo dokter gigi gres aja pada zaman modern , alasannya yaitu kita pasti berpikir , buat apa insan purba memperhatikan keindahan dan kebersihan gigi , iya kan ? Namun salah ! Dokter gigi sudah ada semenjak 7.000 SM alias 9 milenium yang lalu ! Buktinya yaitu mumi berusia 9 ribu tahun dari peradaban Mohenjodaro - Harappa , India yang ditemukan dengan bekas bor pada giginya , diduga berasal dari hasil perawatan gigi.

Bahkan diduga bahwa dokter gigi merupakan dokter seorang jago pertama di dunia. Namun sayangnya , semua prosedur perawatan gigi tersebut dilakukan tanpa anastesi atau peredam rasa sakit yang dikala itu belumlah ditemukan. Bisa dibayangin ya pasien yang dikala itu ngeluh “Sakitnya tuh di sini” :D

Trivia yang masih berafiliasi ama gigi yaitu permen karet , yang ternyata juga bukan produk modern , dikarenakan telah ditemukan 5 ribu tahun lalu. Permen karet purba itu ternyata berkhasiat yang berbeda dengan masa sekarang karena tidak terbuat dari karet , melainkan getah pohon birch yang bersifat antiseptik dan dapat membunuh kuman dalam mulut. Penduduk Aztec zaman dulu juga menggunakan permen karet sebagai penyegar napas.

8. KEMACETAN

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Jakarta macet? Becek? Gak ada ojek? Tapi persoalan kemacetan ternyata sudah ada semenjak 2000 tahun lalu , tepatnya di kota Roma. Lho kok bisa?  Kan zaman dulu belum ada mobil? Alkisah , kota Roma yang dikala itu menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi dengan jumlah penduduk sampai 1 juta jiwa , sehingga jalanan penuh sesak oleh manusia. Tak heran , kemacetan melanda sentra kota.

Bahkan sang kaisar , Julius Caesar melarang gerobak dan kereta kuda memasuki kota dikala siang hari. Selain itu , Roma kuno juga sudah memiliki polisi lalu lintas yang tugasnya beda banget dengan polisi lalu lintas zaman sekarang , yakni mengatur lalu lintas. Tugas mereka dikala itu lebih ke menyelesaikan pertikaian yang sering terjadi antara pengemudi kereta kuda yang langgar memperebutkan jalan atau bersitegang karena kereta mereka bertabrakan. Hmmm  ...

9. NARKOBA

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Penggunaan narkoba pertama tercatat di semenjak zaman prasejarah , tepatnya pada zaman paleolitikum dimana insan purba menggambarkan penggunaan tanaman alami bersifat psikotropika di dinding guanya.

Opium (sejenis narkotika yang dapat diolah menjadi heroin) tercatat digunakan semenjak tahun 5.000 SM di Sumeria. Penggunaan opium meluas di Yunani dan digunakan oleh banyak sekali kalangan , mulai dari para peramal Delphi sampai atlet Olimpiade kuno untuk “doping”. Opium nggak hanya dimanfaatkan buat nyimeng , namun juga sebagai obat. Mulai dari dokter Yunani Galen (abad 2 SM) sampai Ibnu Sina , dokter Muslim terkenal (abad 2 M) meresepkan opium untuk menekan rasa sakit. Sedangkan ganja gres ditemukan 2.700 tahun lalu di Cina.

10. LEMARI ES

10 Hal yang di Anggap Modern Ternyata Sudah Ada Zaman Dahulu

Mungkin kalian semua berpikir lemari es yaitu penemuan modern , karena tentu orang zaman dahulu belum tau apa itu freon kan? Namun sayang sekali , kalian ternyata salah. Lemari es atau bahkan ruang pendingin sudah ada semenjak tahun 400 SM. Bangsa Sumeria kuno membuat ruang bawah tanah yang digunakan untuk menyimpan es selama animo panas. Dan lokasinya lebih mencengangkan lagi ... di tengah gurun! Lemari es primitif ini disebut “yakchal” dan peninggalannya masih ada sampai dikala ini.

Bagaimana mereka menjaga supaya es ini tidak mencair di tengah gurun pasir ? Well , mereka melapisi ruang tertutup itu dengan materi isolator berupa campuran pasir , tanah liat , putih telur , lemon , rambut kambing dan debu yang ampuh untuk mencegah panas masuk ke dalam. Selain itu , untuk mendinginkan es tersebut , mereka menggunakan menara angin yang menyambung pada bab dalam ruangan penyimpanan.

Kaprikornus kesimpulannya , kita nggak boleh ngeremehin banget nenek moyang kita , buktinya mereka sangat cerdas. Selain itu , nenek moyang kita juga udah mewariskan banyak sekali budi pekerti yang dalam kepada bangsa kita yang sudah sewajibnya kita lestarikan. Namun malah generasi sekarang keliatannya gak jauh lebih cerdas dari orang-orang zaman dahulu.
loading...