Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Secangkir kopi hangat di pagi hari sepertinya mampu membuat hari kalian menjadi lebih semangat. Kebiasaan minum kopi di pagi hari ini terkadang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik untuk sebagian orang. Ada banyak pilihan jenis kopi yang mampu kalian pilih untuk dinikmati. Pengaruh yang diberikan dari perbedaan jenis biji kopi ini biasanya terasa dari aromanya dan rasanya. 

Dan barulah ada campuran-campuran materi suplemen lainnya yang membuat minuman kopi terasa lebih khas. Bahan-bahan yang digunakan ini bertujuan untuk meningkatkan cinta rasa kopi dan aromanya. Dibawah ini ada beberapa jenis racikan kopi yang sangat populer dan paling terkenal di seluruh dunia yang tercantum di bawah ini. Kalian mampu pilih salah satunya ?

ESPRESSO

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Kopi Espresso ini dibuat dengan mesin brewing khusus. Bijih kopi diletakkan di dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan sangat tinggi. Akibatnya ekstrak kopi turut keluar bersama air. Dan balasannya keluar dari lubang kecil pada bab bawah mesin tersebut.

Racikan kopi espresso lebih pekat dan termasuk black coffee yang dibuat dari biji kopi dengan tekanan uap tinggi. Jenis espresso termasuk salah satu racikan kopi yang paling terkenal dengan rasa kopinya yang kental alasannya ialah espresso hanya terdiri dari sedikit air dan gula. Ini ialah jenis kopi yang paling disukai.


CAPPUCINO

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Cappuccino merupakan resep yang sangat populer. Kopi ini punya tiga komposisi utama yaitu : Espresso , Susu (steamed milk) dan Foam. Cappuccino merupakan salah satu jenis hidangan kopi paling populer di dunia yang mempunyai ciri khas adanya foam / susu coklat setebal kurang lebih 2 cm pada bab permukaan. Menurut Wikipedia , kopi ini ialah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar.


MACCHIATO

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Macchiato ialah kopi espresso ditambah sedikit susu yang tidak diaduk namun terkesan ibarat ‘diendapkan’ di bab atas kopi. Berbeda dengan cappuccino yang memang merupakan campuran espresso dan susu , pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran yang tipis saja.


CAFE LATTE

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Caffè Latte ialah resep kopi yang populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Makara kalua kalian memesan latte di kafe-kafe Italia , kalian akan diberikan segelas susu. Caffè latte (untuk membedakan dengan susu murni) , terdiri atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu , ditambah sedikit foam dan coklat hangat setebal 5-10 mm di atasnya.


LONG BLACK

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Kopi Long Black sangat populer di Australia. Kopi ini ialah ‘espresso encer’ , yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya disiapkan dulu , gres espresso masukkan. Urutan tersebut dimaksudkan semoga tidak merusak cream yang terdapat pada espresso. Hidangan kopi model ini banyak menggunakan materi bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera.


FRAPPUCCINO

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Awalnya kop ini diciptakan oleh Coffee Connection di Boston , namun hak cipta frappuccino ini kemudian dibeli oleh Starbucks Internasional. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental. Makara kalian mampu menemukan jenis racikan kopi ini di cafe-cafe Starbucks.


KOPI LUWAK

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Kopi Luwak ialah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran hewan luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati susukan pencernaan luwak. Kopi ini menjadi sangat terkenal di dunia dan kopi ini juga merupakan paling mahal didunia.


KOPI TUBRUK

Macam-Macam Racikan Kopi yang Sangat Mendunia

Kopi Tubruk ialah racikan kopi tradisional dari indonesia. Kopi ini masih ditumbuk secara tradisional (masih banyak butiran kasarnya) lalu di seduh , kemudian lansung diminum ketika masih hangat. Butiran-butiran kasarnya ini yang menjadi ciri khas kopi ini dan itulah nikmatnya dari tubrukan butiran garang kopi.