Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

9 Mitos-Mitos dan Pamali Yang Paling Populer di Indonesia

Mitos atau yang biasa juga disebut dengan pamali merupakan sebuah kisah prosa rakyat yang belum tentu terang kebenarannya. Kalian pasti pernah kan mendengarkan mitos ketika kecil dari sobat , tetangga atau orang renta kalian ?

Ketika mengetahui perihal sebuah mitos , tentu reaksi kalian berbeda-beda. Ada yang percaya , penasaran , atau bahkan hingga merasa ketakutan. Setiap tempat maupun negara pasti memiliki mitos-mitos yang berbeda-beda , terlebih di Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya. 
9 Mitos-Mitos dan Pamali Yang Paling Populer di Indonesia
Nah oleh alasannya ialah itu , kali ini mimin ingin membahas nih perihal mitos-mitos di indonesia yang paling populer di kalangan masyarakat. Oke , tanpa basa-basi lagi pribadi saja kita simak mitosnya di bawah ini !


1. Menyapu Tidak Bersih ? Dapat Pacar Berewok !

Kalian pernah dengar mitos ini , kan? Pasti pernah dong ? Bagi mimin , tentu saja mitos ini tidak masuk akal. Sekarang bayangkan saja , jikalau misalkan yang menyapu ialah perempuan dan jadinya tidak bersih , apa yang akan terjadi ? 

Kalau beruntung ya mereka akan menerima jodoh menyerupai Ridho Rhoma loh , tapi jikalau sial , paling mereka akan menerima jodoh Preman kampung , ups.

Banyak orang renta ketika anak gadisnya sedang menyapu dan ditemukan ibunya tidak bersih maka serta-merta ibu tersebut akan bilang : “ jikalau nyapunya ngga bersih ntar dapat suami brewokan loh. ”


2. Sakit Perut / Kebelet BAB ? Genggam Batu !

Siapa nih yang pernah dalam posisi ini waktu kecil ? Terus lagipula apa hubungannya coba , sakit perut atau kebelet BAB dengan megang kerikil dan di kantongi segala ? Yang ada tuh , jikalau sakit perut ya megang Diapet atau Entrostop , itu kan lebih masuk akal. Mungkin yang lebih cocok kerikil itu bukan untuk sakit perut , tapi untuk bikin kerikil cincin :D


3. Duduk di Atas Bantal ? Bikin Bisulan !

Bantal yang kita tau merupakan tempat meletakkan kepala ketika tidur. Tidak sopan kan jikalau tempat kepala dijadikan tempat duduk. Mungkin itulah yang menjadi alasan orang renta pada zaman dahulu mengingatkan anaknya untuk tidak duduk di bantal alasannya ialah akan bisulan. Dengan menakut-nakuti mereka maka dibutuhkan orang tidak akan duduk diatas bantal lagi.


4. Ngintip Orang Mandi ? Mata Bintitan !

Wah ini mitos yang mungkin paling populer di kalangan para lelaki , yaps mengintip perempuan yang sedang mandi di percaya akan menimbulkan mata kalian menjadi bintitan. Kalau ini sih mimin jamin cuma mitos , karna dulu mimin temen mimin pernah ngintip perempuan mandi dan selang beberapa hari beliau tetap sehat-sehat aja kok , matanya pun nggak ada bintitan. 

Tapi tetap aja , bintitan atau nggak bintitan , sebaiknya jangan pernah melaksanakan hal ini , alasannya ialah merupakan perbuatan yang tidak sopan loh.

9 Mitos-Mitos dan Pamali Yang Paling Populer di Indonesia


5. Gigi Copot ? Dilempar ke Arah Sebaliknya !

Mitos ini biasanya selalu terjadi dan masih dipercaya dikalangan anak kecil. Tapi mimin pun hingga sekarang ini masih sering ngelakuinnya , mungkin alasannya ialah kebiasaan ya. Namun yang terang mitos ini sangat konyol. 

Katanya , jikalau ada gigi kita yang copot , maka harus dilempar ke arah yang sebaliknya. Misalkan , gigi bawah kita copot , maka kita harus melemparkan ke atas genteng dan jangan hingga jatuh , sebaliknya jikalau gigi atas kita copot , berarti kita harus melemparnya ke bawah tanah.


6. Serutan Pensil Ditiup ? Bisa Tumpul !

Pernah nggak sih , ketika kalian kecil dulu meniup serutan pensil yang kotor , tiba-tiba ada sobat yang ngomong , “Jangan ditiup , Bro ! Nanti serutan lo mampu tumpul loh ,” dan seketika kalian pun menjadi takut untuk meniup serutan lagi. 

Tapi jikalau soal mitos ini , mimn  juga tidak tau sekali kebenarannya. Mungkin , kalian mampu tanyakan pribadi ke toko serutan pensil terdekat , siapa tau beliau mampu menyelesaikan pertanyaan atas mitos ini.

7. Ngeliat Orang Sakit Mata ? Bisa Ketularan !

Dulu mimin sempat percaya dengan mitos ini , dipikir-pikir juga mungkin ada benarnya memang ada yang berbeda ketika kita menatap mata orang yang sedang sakit mata. Tapi ternyata mitos ini tidak loh. Saking penasarannya , sebelum menulis perihal mitos ini , sempatin searching di Google dan menurut informasi dari banyak Situs Terpercaya ternyata semua itu tidak benar.

8. Makan Tidak Habis ? Ayam Kita Mati !
Saat kalian masih kecil dahulu , pasti pernah kan tidak menghabiskan semua makanan dari ibumu. Alasannya banyak , mungkin kalian tengah asik makan lantas temanmu datang lalu meninggalkannya atau mungkin kalian tidak terlalu suka dengan makanannya. Kalau tidak habis ibumu pasti bilang , " jikalau makan nggak habis , ayammu besok mampu mati ".

Hal semacam ini mungkin ada lantaran anak zaman dahulu suka sekali mempunyai hewan peliharaan dan sangat di sayang. Oleh alasannya ialah itu orang renta dengan cerdas 'mengancam' harus menghabiskan seluruh makanan atau hewan peliharaannmu akan mati.


9. Main Lepas Maghrib ? Diculik Wewe Gombel !

Jauh sebelum ada yang namanya HP , game on-line , TV serta Play Station merajalela menyerupai ketika ini , bawah umur kecil zaman dulu punya acara sendiri. Selesai mereka pulang sekolah dan makan , mereka akan menggunakan waktunya hingga sore bermain bersama teman. Tapi selepas Maghrib datang , mereka bakal segera pulang lantaran ingat pada pesan orang-tua mereka ,

'Jangan main diluar ketika Maghrib. Nanti kau di culik Wewe Gombel !'.

Memang sih mitos perihal hantu Wewe Gombel ialah hantu yang suka mengambil anak kecil. Tetapi mitos ini bahu-membahu merupakan pendisiplinan kepada anak kecil. Dimana Maghrib harusnya mereka dirumah istirahat , kan udah main seharian tadi. Nah lho , tapi ada bagusnya juga mematuhi mitos tersebut ?


Nah , mungkin itu hanya sedikit saja perihal mitos-mitos dan pamali yang ada di masyarakat Indonesia. Terserah sih , kalian mau percaya atau tidak dengan semua mitos di atas. Intinya , kalian ambil saja nilai-nilai positifnya dari semua mitos tersebut.

Mana diantaranya mitos yang masih kalian percayai dan kalian lakukan hingga ketika in. Share ?
loading...