Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Apa itu Rokok ? dan Apa Sih Bahaya Merokok ?

Menurut Wikipedia : Rokok yaitu silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 sampai 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara biar asapnya dapat dihirup lewat ekspresi pada ujung lainnya.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir , bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan ancaman kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok , misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan , jarang sekali dipatuhi).

Apa itu Rokok ? dan Apa Sih Bahaya Merokok ?

Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya yaitu suku bangsa Indian di Amerika , untuk keperluan ritual menyerupai memuja ilahi atau roh. Pada kurun 16 , Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika , sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa.

Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan darah biru Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual , di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan ketika itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

Telah banyak riset yang mengambarkan bahwa rokok sangat mengakibatkan ketergantungan , di samping mengakibatkan banyak tipe kanker , penyakit jantung , penyakit pernapasan , penyakit pencernaan , efek buruk bagi kelahiran , dan emfisema.

Dan menurut penelitian , ternyata yang akan mendapatkan efek negatif dari rokok tersebut bukan hanya perokok aktif saja , akan tetapi perokok pasif pun akan mendapatkan akhir negatif dari rokok tersebut. Dan justru efek yang diterima oleh perokok pasif ini akan jauh lebih berbahaya lagi ketimbang perokok aktifnya.

Apa itu Rokok ? dan Apa Sih Bahaya Merokok ?

Mungkin ada sebagian dari anda yang masih resah dengan istilah perokok pasif. Kaprikornus perokok pasif merupakan sebuah istilah bagi seseorang yang bergotong-royong bukan seorang perokok akan tetapi orang yang berada atau bersahabat dengan orang-orang yang merokok sehingga ia secara tidak eksklusif sering menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh para perokok aktif.

Dan kenapa lebih ancaman di bandingkan perokok aktif , alasannya yaitu asap yang di hirup oleh perokok pasif akan eksklusif masuk ke paru-paru melalui hidung. Wah wah wah... rokok memang telah menjadi bencana bagi semua orang ya.

Berikut ini yaitu beberapa ancaman yang dapat di timbulkan oleh Rokok , antara lain :

1. Kanker Paru
2. Kanker Kandung Kemih
3. Kanker Payudara
4. Kanker Serviks
5. Kanker Kerongkongan
6. Kanker Pencernaan
7. Kanker Ginjal
8. Kanker Mulut
9. Kanker Tenggorokan
10. Serangan Jantung
11. Penyakit Jantung Koroner (PJK)
12. Aterosklerosis
13. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
14. Impotensi
15. Gangguan medis lainnya
loading...