Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Sekarang ini sedang marak-maraknya kasus korupsi yang di lakukan para pejabat di Tanah Air kita. KPK tentusedang gencar-gencarnya melaksanakan penyelidikan terhadap semua pejabat dan pengusaha terkait. Hal ini pantas saja dilakukan mengingat ketika ini indonesia sudah masuk dalam daftar rawan sekali kasus korupsi.

Banyak sekali pemimpin yang menyalahgunakan kekuasaan dan wewenang mereka. Bukannya membuat rakyat menjadi makmur , mereka malah mencuri uang rakyat dan menggunakannya untuk keperluan eksklusif atau organisasinya. Tentu hal ini sangat merugikan negara khususnya rakyat dalam negara itu.

Inilah daftar 5 orang presiden dunia yang paling korup , ini akan menjadi bukti bahwa korupsi tidak hanya terjadi di Indonesia , ternyata juga sudah merajalela di seluruh dunia.

1. Mohammad Soeharto (Indonesia , 1967-1998)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Soeharto yakni Presiden kedua Indonesia 1967-1998 , dan mengundurkan diri tahun itu setelah protes besar oleh seluruh rakyat Indonesia. Dia memegang pemerintahan dan berkuasa selama 31 tahun lamanya. Ia bersama dengan keluarga dan teman-temannya menyumbang dana melalui kontrol perusahaan pemerintah dan amal. 

Menurut Transparansi Internasional Korupsi Laporan Global 2004 , beliau yakni nomor satu pemimpin yang paling korup yang mengambil uang negara sekitar US $ 15000000000-35000000000 selama 32 tahun jabatannya.


2. Ferdinand Marcos (Filipina , 1972-1986)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Ferdinand Marcos Emmanuel Edralin yakni Presiden kesepuluh Filipina. Dia yakni seorang yang sangat diktatorial dan memiliki prestasi besar dalam pembangunan infrastruktur , reformasi tanah , reformasi politik dan sosial serta dalam diplomasi internasional. Namun , ia bersalah dalam korupsi diktatorial , despotisme , nepotisme , penindasan politik , dan pelanggaran hak asasi insan , manfaat dari suatu kultus kepribadian besar di Filipina selama pemerintahannya. 

Marcos yakni kepala negara paling korup kedua pemerintahan yang pernah ada dalam sejarah dunia setelah Soeharto. Perkiraan dana dijarah oleh Marcos yakni sekitar US $ 5 hingga 10 miliyar , dari dana publik ke Amerika Serikat , Swiss , dan negara-negara lainnya serta menghabiskan dana ilegal ke perusahaan lain.

3. Mobutu Sese Seko (Zaire , 1965-1997)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Mobutu Sese Seko Nkuku Ngbendu wa Za Banga  adalah Presiden kedua negara Republik Demokratik Kongo. Selama ini  Kongo juga dikenal sebagai negara Zaire. Sementara dalam pemerintahan , ia memiliki rezim diktatorial dan membuat banyak korupsi moneter. Dia mengambil semua pengaruh budaya kolonial dan melawan komunisme. 

Setelah digulingkan pada tahun 1997 , ia diasingkan sementara di negeri kecil Togo , tetapi tinggal di Maroko di sebagian besar waktunya. Ia mencuci uang negara lebih dari US $ 5 miliar , membuatnya pemimpin paling korup dari Afrika hingga ketika ini.

4. Sani Abacha (Nigeria , 1993-1998)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Sani Abacha yakni Presiden kesepuluh Nigeria. Dia yakni seorang pemimpin militer dan politikus yang melaksanakan pelanggaran hak asasi insan yang luas. Menurut pihak berwenang Swiss , keluarganya yakni sebuah organisasi kriminal , dalam catatan terakhir oleh Transparency Internasional dengan total US $ 2 hingga 5 miliyar dana negara.

5. Slobodan Milosevic (Serbia , 1989-2000)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Slobodan Milosevic yakni Presiden Serbia dan Yugoslavia. Ia menjabat sebagai Presiden Republik Sosial Serbia dan Republik Serbia 1989-1997 dan juga sebagai Presiden Republik Federal Yugoslavia 1997-2000. Mungkin ialah presiden pertama yang menjabat di dua negara.

Ia ditangkap oleh pemerintah Yugoslavia Federal pada 31 maret 2001 atas dugaan korupsi , penyalahgunaan kekuasaan dan penggelapan dana negara. Menurut Transparency International Slobodan Milosevic yakni pemimpin paling korup 5 yang diduga telah menggelapkan US $ 1 miliyar dari Yugoslavia.

6. Jean Claude Duvalier (Haiti , 1971-1986)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Jean Duvalier yakni penguasa negara Haiti. Dia mempertahankan kekerabatan baik dengan Amerika Serikat alasannya anti-komunis pendiriannya. Selama rezimnya , beliau menjalani kehidupan yang mewah. Dia memiliki ijab kabul yang disponsori negara sebesar US $ 3 juta , sementara rakyat Haiti banyak yang dibunuh dan disiksa dan banyak juga di antaranya yang melarikan diri dari negara itu.

Transparency International menempatkan Jean Duvalier di nomor 6 dalam daftar pemimpin dunia yang paling korup dari dua dekade terakhir. Menurut Transparency International , Jean Claude Duvalier diduga telah menggelapkan dana antara US $ 300 juta dan US $ 800 juta dari Haiti.

7. Alberto Fujimori (Peru , 1990-2000)

Inilah 7 Orang Presiden Dunia yang Terkenal Paling Korup

Alberto Fujimori berkuasa di negara peru dari bulan Juli 1990 hingga November 2000. Dia telah dikreditkan memulihkan stabilitas makroekonomi. Meskipun metode yang tampaknya menjadi diktatorial , pelanggaran HAM telah menyebabka
n beliau berada didalam hukuman penjara.

Dia yakni warga Peru keturunan Jepang dan melarikan diri ke Jepang pada tahun 2000 alasannya skandal korupsi. Dia membuat upaya untuk mengundurkan diri , namun pemerintah Peru menginginkannya untuk mendakwa atas kejahatannya. Menurut Transparency International , Fujimori merupakan pemimpin paling korup ke ketujuh dari dua dekade terakhir , diperkirakan menggelapkan US $ 600 juta dana negara.