Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Danau Toba

Danau toba yaitu salah satu danau yang berada di indonesia. Danau ini merupakan danau yang paling dekat dan terkenal di kalangan turis mancanegara. Danau ini terletak di sumatera utara yang juga merupakan danau terbesar di indonesia dan bahkan asia tenggara.

Di sisi lain ada aneka macam fakta-fakta unik mengenai danau toba yang dapat membuat anda terkagum dan inilah dia 17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Danau Toba.

17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Danau Toba


1. Gunung Toba merupakan gunung api raksasa yang aktif dalam kategori sangat besar , diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu

2. Penelitian seputar Gunung Toba belum berakhir hingga hingga ketika ini. Kaprikornus , masih banyak misteri di balik raksasa yang sedang tidur itu.

3. Letak Gunung Toba (kini: Danau Toba) , di Indonesia memang rawan bencana. Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik , yakni Eurasia , Indo-Australia dan Lempeng Pasifik.

4. Gunung Toba telah meletus sebanyak 3 kali. Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba , meliputi tempat Prapat dan Porsea Sumatera Utara.

Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil , terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di tempat antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini , letusan ketigalah yang paling dashyat.

Letusan ketiga 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera , yang merubah Gunung Toba menjadi Danau Toba yang sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.

5. Gunung Toba ini tergolong Supervolcano. Hal ini dikarenakan Gunung Toba memiliki kantong magma yang sangat besar yang kalau meletus kalderanya besar sekali. Volcano biasa rata-rata kalderanya ratusan meter , sedangkan Supervolcano dapat mencapai puluhan kilometer.

17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Danau Toba

6. Danau Toba yang panjangnya 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer , dikelilingi oleh banyak watu apung peninggalan dari letusan Gunung Toba. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

7. Debu Riolit (rhyolite) yang seusia dengan batuan Toba di Malaysia , bahkan juga  di temukan sejauh 3.000 kilometer ke utara hingga India Tengah. selain itu ditemukan pula di Samudera Hindia.

8. Danau Toba merupakan kaldera yang terbentuk akhir meletusnya Gunung Toba sekitar tiga kali yang pertama 840 ribu tahun lalu dan yang terakhir 74.000 tahun lalu. Bagian yang terlempar akhir letusan itu mencapai luas 100 km x 30 km persegi. Daerah yang tersisa kemudian membentuk kaldera. Di tengahnya kemudian muncul Pulau Samosir

9. Terjadinya anomali gravitasi di Toba. Menurut hukum gravitasi , antara satu tempat dengan lainnya akan memiliki gaya tarik bumi yang sama bila mempunyai massa , ketinggian dan kerelatifan yang sama. Jika ada materi yang lain berada di situ dengan massa berbeda , maka gaya tariknya berbeda. Bayangkan gunung meletus. Banyak materi yang keluar , artinya kehilangan massa dan gaya tariknya berkurang. Lalu yang terjadi up-lifting (pengangkatan). Inilah yang menyebabkan munculnya Pulau Samosir

10. Meletusnya Gunung Toba menyebabkan selesai hayat massal dan pada beberapa spesies yang juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA , letusan ini juga menyusutkan jumlah insan hingga sekitar 60% dari jumlah populasi insan bumi ketika itu , yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es.

11. Meletusnya Gunung Toba menimbulkan pengaruh yang sangat besar , ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik di dunia.

12. Bahkan yang cukup mengejutkan , ternyata penyebaran debu akhir meletusnya Gunung Toba itu hingga terekam hingga di Kutub Utara.

17 Fakta Unik dan Menarik Tentang Danau Toba

13. Danau Toba menduduki peringkat pertama dunia di akun sosial twitter dibandingkan danau lain di dunia yang juga bagus dan menawan. Danau Toba juga menjadi destinasi wisata (DTW) di Sumatera Utara baik wisatawan lokal , nasional , dan mancanegara.

14. Telah di perkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³ , dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ bubuk vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu.

15. Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik berjulukan Pulau Samosir yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Dan di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau bagus yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang .

16. Danau Toba merupakan tempat berkembang biaknya ikan batak (Neolissochillus thienemanni) yang punya nilai sejarah dan budaya tinggi dan setahun sekali rutin diadakan Pesta Rakyat Danau Toba.

17. Di abad 1990-an , tepatnya sebelum tahun 1997 , Danau Toba menjadi destinasi favorit para turis-turis luar negeri , terutama berasal dari Belanda , Malaysia , Singapura , Jerman , Jepang , Korea , bahkan ada juga yang berasal dari Amerika.
loading...