Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

6 Pendekar KungFu Paling Hebat dan Legendaris

Kungfu yaitu ilmu bela diri yang berasal dari negeri Tiongkok. Akan tetapi , arti kata kungfu itu sebetulnya memiliki makna yang luas , yakni sesuatu yang didapat dalam waktu yang lama dan dengan ketekunan yang sungguh-sungguh.

Kungfu mempunyai sejarah dan tradisi ilmu bela diri yang sangat panjang , teruji dan efektif semenjak 5000 tahun yang lalu , bersamaan dengan munculnya aliran-aliran kepercayaan Tionghoa Dao (Taoisme) yang kelak akan bermetamorfosis agama khusus. Pada tahun 1500-an , mulai bermunculan banyak sekali aliran Kungfu yang melegenda sampai kini , dimulai dari Kuil Shaolin (Siaw Liem Sie) , Wudang (Butong) , Omei (Emei-Gobi) , Thian San , Khongtong dan lainnya.. 

Secara umum , terdapat lebih 100 aliran Kungfu dan ribuan jurus serta banyak sekali jenis ilmu yang unik dan absurd , mulai dari yang paling keras dan ganas , sampai ilmu beladiri dengan gerakan yang paling lembut dan ringan.

Inilah 6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah yang pamornya telah menjuru ke seluruh potongan dunia.

1. Bodhidharma

6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah

Beliau yaitu pendeta spiritual Zen Budha dari India yang bertapa 9 tahun di Kuil Shaolin dan pencipta banyak sekali jenis ilmu legendaris menyerupai : Ilmu Perubahan Urat & Otot (Yi Jin Jing/I Chin Ching) , 9 Matahari (Kiu Yang Cin Keng) , 5 Jurus Hewan , Jari Zen , dll. Namun sayangnya , beberapa diantara ilmu tersebut sudah lenyap. 

Konon pada ketika menyebrang lautan sampai ke Tiongkok , Beliau hanya bangun diatas sebatang dahan kecil dan gua daerah pertapaan Bodhidharma meninggalkan bayangan lekuk tubuhnya pada ketika bermeditasi di tembok gua sampai kini. Selama bermeditasi 9 tahun di gua tersebut , Bodhidharma bisa mendengar pembicaraan banyak sekali jenis mahluk hidup lain menyerupai hewan.

2. Thio Sam Hong

6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah

Di masa mudanya , Thio Sam Hong yaitu murid yang sangat berbakat di Kuil Shaolin. Karena diberlakukan semena-mena oleh para senior , Beliau keluar dari Kuil Shaolin dan mencar ilmu mengembangkan Kungfu sendiri dengan memperhatikan banyak sekali fenomena alam menyerupai terpaan angin keras terhadap pohon bambu , pertarungan bangau dan ular , kokohnya pertahanan belalang sembah dari terpaan angin dan lain-lain. 

Setelah mengerti & memahami Intisari Alam Semesta , Thio Sam Hong muda menyepi di gunung Hua San untuk menyempurnakan ilmu-ilmunya. Pada ketika Beliau turun gunung , Beliau menjelajahi seluruh Tiongkok dan mengadu ilmunya dengan paraPendekar semua aliran.

Setelah merasa cukup dalam perantauanya , Beliau naik ke gunung Wudang (Butong) dan mendirikan Perguruan Wudang dengan basis utama pengajaran : Taoisme. Thio Sam Hong sendiri diyakini merupakan Pencipta Ilmu Tai Chi pertama dan sangat andal dalam ilmu Tao Yin (Nei Kung). Konon Thio Sam Hong juga hidup di 3 jaman dinasti , yakni Dinasti Sung , Dinasti Yuan (Monggol) dan Dinasti Ming (Han).

3. Yue Fei

6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah

Beliau yaitu Jenderal Patriot yang terkenal pada masa Dinasti Sung dan sampai selesai hayatnya tetap setia membela negara walaupun difitnah dan dihukum mati oleh penguasa lalim. Jenderal Yue Fei yaitu pencipta Kungfu Internal dan eksternal , yakni : Hsing - I (Xing Yi) dan Eng Jiaw (Cakar Elang). Selain andal dalam pertarungan tangan kosong , Jenderal Yue Fei juga andal dalam 18 senjata Shaolin khususnya tombak tunggal. 

Konon ilmu tombaknya setara dengan ilmu tombak Keluarga Yang. "Ilmu tombak Keluarga Yang merupakan ilmu silat keluarga turun temurun yang sangat khas dan tinggi serta hanya sedikit Ahli/Pendekar yang bisa menandingi ilmu mereka pada jamannya".

Berdasarkan catatan kuno , diketahui bahwa ilmu tombak tingkat tinggi Keluarga Yang mempunyai sejumlah keistimewaan , yakni : Ilmu Tombak Melekat/Berpilin dan Ilmu Tombak (Toya) Naga Perkasa yang bisa melumpuhkan/membunuh lawan tanpa menyentuh fisik. 

4. 5 Leluhur Shaolin

6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah

Pasca pembakaran Kuil Shaolin dalam pertempuran kedua antara para pendeta Kuil Shaolin dengan 50.000 Tentara Qing bersenjata lengkap dan modern yang dibantu para Lhama Tibet dan Praktisi Pak Mei (White Eyebrow). Kelima leluhur tersebut yaitu :

1) Choi Tak-Chung
2) Fong Tai-Hung
3) Ma Chiu-Hing
4) Wu Tak-Tai
5) Lee Sik-Hoi 

Berdasarkan literatur lama , disebutkan bahwa Kuil Shaolin hancur total dan terbakar selama 40 hari 40 malam dalam serangan tersebut. Seluruh catatan kuno ribuan tahun termasuk sejumlah ilmu Kungfu legendaris dan senjata pusaka hilang atau habis terbakar.

Dari ribuan pendeta dan non pendeta Shaolin , hanya 5 orang yang lolos dari serangan tersebut dan kemudian mereka menyebar keseluruh Tiongkok sembari membuatkan Shaolin Kungfu serta perlawanan anti Dinasti Qing. 

Kehancuran Kuil Shaolin diakibatkan oleh adanya pengkhianatan oknum Shaolin yang ternyata yaitu antek-antek Dinasti Qing yang menyusup dan menabur racun diberbagai titik sumber air dan makanan para Bhiksu. Pada ketika serangan kedua tersebut , kondisi fisik yang keracunan telah menjadikan hilangnya kemampuan bertarung para Bhiksu dan Non Bhiksu Shaolin. 

5. Wong Fei Hung

6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah

Beliau yaitu Ahli dam ilmu Kungfu , Pendiri Rumah Obat Pho Chi Lam dan sekaligus Tabib Akunpuntur yang sangat terkenal dengan banyak sekali jenis ilmu Kungfu menyerupai : Ilmu Pasangan Harimau dan Bangau , Tendangan Tanpa Bayangan , Toan Ta , Toya 8 Diagram dan lain-lain. Murid-murid Beliau yang sangat terkenal antara lain : Lam Sai Wing , Leung Fong , Tang Fung dan Lin Wan Gai.

Wong Fei Hung merupakan anak dari Wong Kei Ying , salah satu Pesilat terkenal dari “10 Harimau Kanton”. Pada masa hidupnya , Wong Fei Hung terkenal dengan banyak sekali pertarungan baik dengan para pesilat lokal maupun petarung asing demi mempertahankan “China’s Pride” yang pada ketika itu jatuh sampai ke titik terendah.

2 pertarungan yang sangat terkenal yaitu pada ketika Wong menjatuhkan lebih dari 50 orang pesilat gangster di pelabuhan hanya dengan sebatang toya dan pertarungan kedua yaitu pada ketika Beliau bersama dengan Liu Yong Fu berperang pribadi dengan tentara Jepang di Taiwan. Beliau sendiri merupakan murid pribadi dari Pengemis Sakti So (Beggar So).

6. Yip Man

6 Pendekar KungFu Paling Hebat Sepanjang Sejarah

Ip Man (Yip Man) yaitu seorang legendaries kungfu yang beraliran Wing Chun. Dia telah mempelajari Wing Chun semenjak umur 13 tahun. Yip Man yaitu Master Kungfu pertama yang mengajari Wing Chun secara terbuka untuk umum.Yip Man lahir di Foshan tahun 1893 dari keluarga pedagang yang kaya , di umurnya yang ke-13 Yip mencar ilmu Wing Chun dari Chan Wah-Shun dan di teruskan oleh Ng Chung-sok sesuai pesan Chan sebelum meninggal. Umur 16 , Yip meneruskan studinya di St. Stephen’s College , Hongkong , dimana sekolah tersebut diperuntukan orang-orang kaya dan orang asing di Hongkong.

Di sekolah ini Yip mulai dikenal semenjak mengalahkan murip senior dengan beberapa gerakan kecil saja. Di umurnya ke-24 Yip kembali ke Foshan , dengan ilmu Wing Chunnya yang maju pesat , Yip tidak mendirikan sekolah ataupun perguruan tinggi disana , hanya mengajarkan kepada beberapa murid dan relasinya saja. Di masa kependudukan Jepang di China , Yip selalu menolak semua usul pemerintah Jepang semoga Yip mau mengajari pasukan jepang bela diri.

Yip lalu kembali ke Hongkong dan mendirikan sebuah perguruan tinggi bela diri , Hampir semua bekas murid Yip menjadi orang terkenal , berhasil mendirikan perguruannya sendiri , menjadi pengatur bela diri dalam sebuah film atau bahkan bintang laganya sendiri dan yang paling terkenal dari murid-murid Yip yaitu Lee Xiao Long atau Bruce Lee.
loading...