Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia

Fenomena alam sekitar memang selalu berhasil membuat insan terpesona dan mampu mengurangi kadar kesombongan mereka sewaktu berhadapan dengan lukisan agung karya Sang Pencipta. Indonesia sebagai negara yang 70 % geografisnya terdiri dari perairan tentu tak memungkiri bahwa Indonesia memiliki banyak pedoman sungai.

Aliran-aliran sungai tersebut memiliki ciri khas masing-masing sesuai kondisi demografis daerahnya. Indonesia juga memiliki sungai-sungai mengagumkan sebab mengalir di bawah permukaan tanah. Rata-rata dari mereka menjadi sebuah surga tersembunyi di antara daratan di atasnya.

Nah ini dia 3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia yang tentunya sangat menarik untuk kita kunjungi untuk langsungsung bertatap muka melihat keindahannya. Cek it out ?

1. Goa Pindul Gunungkidul


Goa Pindul ialah sebuah wisata gres yang berada di Kabupaten Gunungkidul , Yogyakarta. Lebih tepatnya terletak di Desa Bejiharjo , Kecamatan Karangmojo , Kabupaten Gunung Kidul. Area goa ini memiliki 7 goa yang semuanya di aliri oleh sebuah sungai. Panjang sungai bawah tanah di dalam goa tersebut yaitu sekitar 300 meter dan lebar 5 meter.

Wisata yang ditawarkan disana yaitu batuan staglamit yang mengagumkan , sungai yang jernih lengkap dengan wisata spiritual. Untuk menikmati wisata Goa Pindul kalian cukup merogoh kocek sekitar Rp25.000 untuk sekali perjalanan. Disana kalian akan diajak melewati tiga zona dalam aku yakni zona hening , remang , dan gelap.


2. Goa Loa dan Goa Bangi

3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia

LokasiGoa Loa dan Goa Bangi ini berada di Desa Kedungsalam , Kecamatan Donomulyo , Kabupaten Malang. Memasuki goa ini kalian akan menikmati pesona sungai bawah tanah , jeram dan danau. Lebar ekspresi aku sekitar 5 meter dengan lorong yang lebar dengan dominasi dinding dan tanah yang berbatu.

Semakin ke dalam lorong semakin lembap dan mengecil , terdapat genangan air dan lumpur. Kemudian hingga di ruangan kecil dengan lorong menurun yang merupakan batas muka air di mana terdapat sungai bawah tanah kecil.


3. Air terjun Gua Liang Hajuq

3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia

Liang Hajuq merupakan sebuah aku dengan panjang hampir 2 km dengan lorong-lorong besar dan panjang. Gua ini sebetulnya bukan sebuah lokasi wisata , namun bagi kalian yang ingin melihat keunikan sungai bawah tanah mampu mengunjunginya. Karena Gua ini memang dijaga ketat dan hanya dihuni oleh sekumpulan walet yang menghasilkan beberapa kilogram sarang burung.

Namun hal yang unik dari aku ini ialah adanya beberapa jeram dengan ketinggian bervariasi 4 hingga 7 meter. Jika aku ini terus disusuri maka kita akan menemukan sungai bawah tanah. Sungai bawah tanah ini merupakan lanjutan dari sungai di Liang Puruk yang arusnya cukup deras.

Nah bagaimana sungai-sungai di atas , apakah kalian berniat untuk mengunjunginya. Nmun ingat , kalian  harus ditemani pemandu dan juga melaksanakan persiapan yang matang. Hindari pula mengunjungi aku pada ketika cuaca sedang buruk , sebab letaknya yang riskan yaitu di bawah permukaan tanah.
loading...