Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

4 Suku Kanibal Pemakan Daging Manusia Di Indonesia

Manusia pemakan daging insan lainnya atau lebih sering disebut praktik kanibal , banyak terdapat hampir diseluruh dunia pada zaman dahulu hingga memasuki kurun ke 20. Sebut saja suku Maori di Selandia Baru , suku Indian di kepulauan Karibia , suku Kulina di tempat Sungai Amazon Brazilia , Suku-suku kuno di pedalaman Afrika yang kemungkinan besar masih ada hingga sekarang.

Alasan dari mereka memakan sesama insan yaitu alasannya ritual , pujian dan alasan kesehatan serta kekuatan. Dipercaya , ketika suku mereka menang dalam berperang , maka lawan yang tertangkap dan masih hidup kemudian mereka di kuliti hidup-hidup , kemudian dibakar atau di rebus , lalu mereka makan ramai-ramai dalam sebuah upacara ritual , sedangkan tengkorak kepalanya mereka taruh di sebuah tempat sebagai tanda kemenangan.

Lalu bagaimanakah dengan suku-suku di Indonesia , adakah suku kanibal di bumi indonesia ini , jawabannya yaitu faktual ada. Berikut ini yaitu 3 suku di Indonesia yang tercatat pernah melaksanakan praktek kanibalisme.

1. Suku Korowai di Papua

4 Suku Kanibal Pemakan Daging Manusia Di Indonesia

Suku yang mendiami dataran rendah di sebelah selatan Papua ini , hidup di sepanjang pedoman sungai dan rawa-rawa. Suku Korowai juga ibarat suku-suku di Papua kebanyakan , hidup nomaden atau berpindah-pindah tempat serta mengandalkan hidupnya dari alam. Karena daerahnya yang cukup subur , mengakibatkan mereka harus sering berperang dengan suku lain. 

Dalam berperang , mereka kerap menggunakan racun pada anak panah dan mata tombak yang kebanyakan mereka buat dari tulang berulang. Kebiasaan mereka ketika memakan daging insan bukan secara sembarangan , tetapi alasannya korban kerap melaksanakan pelanggaran sopan santun , kemudian ditangkap dan diadili setelah diputuskan bersalah maka korban akan di ritualkan dan dimakan bersama-sama. Keberadaan mereka masih ada hingga ketika ini.

2. Suku Dayak Punan di Kalimantan

4 Suku Kanibal Pemakan Daging Manusia Di Indonesia


Walaupun sebagian besar dari suku mereka sudah hidup secara modern , tapi berdasarkan kisah masa lalu bahwa nenek moyang mereka dulu tidak tabu untuk memakan daging insan , hingga pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1970an melarang suku mereka untuk turun pribadi ke lapangan. 

Suku Dayak Punan hidup di tempat kalimantan Barat , kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah , hidup di sepanjang pedoman sungai dan sering berpindah-pindah tempat. Dahulu mereka sangat jago dalam berperang dan selalu menebas kepala musuhnya , hingga dikenal istilah "Ngayau". Dari riset terkini , ternyata suku punan yang primitif masih ada dan terlihat di goa-goa pedalaman rimba hutan di Kalimantan.

3. Suku Tolai di Papua

4 Suku Kanibal Pemakan Daging Manusia Di Indonesia

Walaupun sebagian besar suku mereka hidup di Papua New Guinea , tapi ada sebagian kecil yang hidup di perbatasan Papua wilayah Indonesia. Mereka diketahui melaksanakan kanibalisme ketika warga suku Tolai modern meminta maaf kepada pemerintah Papua New Guinea atas pembunuhan dan praktik kanibalisme yang dilakukan oleh nenek moyang mereka kepada misionaris Inggris pada kurun ke 19 dan pada tahun 1978 mereka membunuh menteri dan tiga orang guru dari negara Fiji , yang kemudian dimasak dan dimakan beramai-ramai.

4. Suku Batak di Sumatera

4 Suku Kanibal Pemakan Daging Manusia Di Indonesia

Ternyata ritual kanibalisme telah terdokumentasi dengan baik di kalangan orang Batak , melalui kisah bebuyutan dari nenek moyang mereka , yang bertujuan untuk memperkuat tondi (jiwa) si pemakan daging insan tersebut. Secara khusus , darah , jantung , telapak tangan , dan telapak kaki dianggap sebagai kaya tondi.

Tetapi setelah pemerintah kolonial Belanda menduduki wilayah ini , mereka melarang keras praktek kanibalisme yang sudah dilakukan oleh suku Batak semenjak dahulu. Sehingga semenjak tahun 1816 , perilaku ini sudah jarang dilakukan oleh suku Batak.

Kegiatan kanibalisme yang telah dilakukan suku-suku di atas sudah banyak terkikis dan ditinggalkan alasannya pengaruh dari masuknya beberapa agama ke wilayah ini yaitu agama Islam , Katolik , Hindu , dan Budha yang mengajarkan nilai-nilai moral.

Itulah beberapa suku kanibal di Indonesia , walaupun menurut catatan sejarah , bahwa 75 persen suku di nusantara yaitu kanibalisme pada zaman dulu , tetapi kini mereka telah punah atau meninggalkan kebiasaan lamanya , yaitu memakan daging manusia.
loading...