Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Desa merupakan sebuah tempat yang menyimpang banyak hal unik serta absurd menurut banyak kalangan. Beberapa desa memiliki keunikan masing masing yang berbeda dari desa lainnya. Malah karena terdapat keunikan yang berbeda inilah yang membuat beberapa desa ini menjadi sangat terkenal. Ada yang memiliki keunikan positif dan ada juga yang memiliki abnormalitas negatif.

Sebenarnya ada anyak sekali desa unik-unik yang ada di seluruh dunia , namun kali ini mimin akan merangkumnya menjadi 6 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia , syapa tau menambanh pengetahuan kita semua. Yuk cek dibawah ini !

1. Desa Ganxi Dong - Desa Kungfu

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Ganxi Dong ialah sebuah desa kecil yang letaknya berada di pedalaman gunung Tianzhu China , menjadi sentra perhatian dunia. Pasalnya , semua warga yang menetap di desa ini ialah jago bela diri kungfu. Kisah asal mula tradisi ini untuk sementara belum diketahui. Namun , warga setempat mengatakan , terdapat dua teori bagaimana seni bela diri kungfu menjadi tradisi desa Ganxi Dong. 

Ada suatu hari di mana warga desa dan hewan ternak sering diserang hewan buas dan ada dongeng lain saat keluarga pertama yang menetap di desa ini , sering mendapatkan serangan dari desa tetangga. Sebagai solusi , anak muda yang berpengaruh dipilih dari setiap keluarga , untuk mempelajari ilmu bela diri. Para anak muda ini menciptakan gerakan tekhnik menggandakan naga , ular , harimau , dan macan , lalu menurunkan teknik tersebut kepada setiap anggota keluarga mereka yg lebih muda.

Sehingga setiap keluarga di desa ini menguasai teknik tertentu dan tercipta gaya yang berbeda , dan menciptakan keragaman gaya dalam bela diri kungfu di desa itu.


2. Desa Hokse , Desa Satu Ginjal

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Kalian percaya atau tidak , penduduk desa Hokse , Nepal begitu miskin sampai terpaksa harus menjual organ Ginjal mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Praktek ini sudah menyebar luas sampai desa ini di juluki "Ginjal Village".

Para biro organ badan secara teratur mengunjungi desa ini dengan impian meyakinkan para penduduk yang kekurangan uang untuk menjual ginjalnya kepada mereka. Agen ini juga terkenal sering menipu warga yang tidak bersalah untuk diajak ke India Selatan untuk melaksanakan operasi ginjal mereka. 

Mereka menghasut para warga dengan mengatakan bahwa insan hanya membutuhkan satu ginjal untuk bertahan hidup dan setelah di operasi , ginjal mereka akan tumbuh kembali. Trik ini mereka gunakan untuk menipu seorang ibu empat orang anak yang balasannya menjual ginjalnya hanya seharga $2000 yang digunakannya untuk membeli rumah. Tapi sayang rumah tersebut hancur oleh gempa mematikan yang mengguncang Nepal pada tahun 2015 silam.

3. Desa Meghalaya , Desa Paling Basah

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Tahukah kau desa terbasah di dunia? Jawabannya ialah kawasan Meghalaya , India , tepatnya di desa yang berjulukan Mawsynram. Desa ini terus menerus mendapatkan 467 inci hujan pertahunnya. Saking seringnya hujan , warga desa ini yang bekerja diluar ruangan selalu menggunakan payung modern maupun payung tradisional untuk beraktifitas.

Banyak hal unik yang terjadi di desa ini , mulai dari kebiasaan menggunakan payung bambu sampai jembatan hidup yang begitu alami terbuat dari akar tumbuhan yang membentang. Kondisi kawasan mereka yang selalu berair karena guyuran hujan deras serta berada di kawasan ketinggian dimana udara makin cuek , ternyata tak membuat mereka berputus asa dan mengeluh kenapa selalu hujan. Mereka terus bekerja dan menjalani kehidupan semestinya.


4. Shani Shingnapur , Desa Tanpa Pintu

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Ada sebuah desa di negara India dengan sekitar 300 bangunan yang ada di lingkungannya , tak ada satupun yang memiliki pintu. Lembaga pendidikan , perkantoran serta bank yang berada di kawasan itu pun juga tak memiliki pintu.

Keunikan itu berasal dari kepercayaan umat Hindu kepada Dewa Shani yang bertugas sebagai Dewa Pelindung. Mereka percaya Dewa Shani menjaga keamanan tempat mereka. Hal ini berdasarkan mimpi kepala desa yang mengaku didatangi Dewa Shani dan dijamin keselamatan seluruh warga desa dari segala macam bahaya.

Desa yang berpenduduk tak kurang dari 5 ribu jiwa itu kini menjadi salah satu tujuan pelancong mancanegara yang penasaran dengan keunikan desa tanpa pintu itu.

5. De Hogeweyk , Desa Demensia dan Alzheimer

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Di Belanda , ada sebuah desa tertutup di Kota Weesp yang dikhususkan untuk para penderita Demensia dan Alzheimer. Desa De Hogeweyk menyediakan 23 rumah , taman , restoran , kafe , theater , dan beberapa toko untuk tempat belanja. Disana juga terdapat lebih dari 200 penderita Demensia dan Alzheimer yang sudah lama mengidap penyakit ini.

Di desa ini para penderita Demensia dan Alzheimer mampu mencicipi hidup bebas layaknya ibarat orang normal. Mereka melaksanakan banyak sekali acara ibarat jalan-jalan di taman , berbelanja ke supermarket , dan berkumpul bersama kelompok penderita lainnya.

Tidak ada yang mengganggu dan merasa diganggu oleh para penderita penyakit ini , hanya saja terdapat beberapa pengasuh yang membantu para pasien untuk melaksanakan aktivitasnya.

6. Desa Yangsi , Desa Para Kurcaci

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Pergilah ke desa Yangsi di Tiongkok , mungkin akan membuat kalian merasa ibarat di negeri dongeng. Pasalnya , 40 persen warga di Yangsi ini lebih pendek dari tinggi insan normal. Desa Yangsi dihuni sekitar 80 warga dan memiliki penghuni kurcaci sebanyak 36 orang sehingga kerap disebut "Desa Kurcaci". 

Bahkan yang paling tinggi di desa ini pun hanya 90 cm sedangkan paling pendek ialah 60 cm. Jumlah tersebut angkanya dianggap terlalu tinggi untuk disebut sebuah kebetulan , namun juga belum ada ilmuwan yang mampu memastikan apa penyebabnya. Menurut kisah para sesepuh desa , mereka pernah mengalami serangan wabah misterius yang mensugesti kondisi belum dewasa usia 5-7 tahun. Mereka tiba-tiba berhenti tumbuh dan tetap setinggi itu sampai selesai hidup dan sebagian dari mereka menderita cacat.

7. Oymyakon , Desa Paling Dingin dan Beku Dunia

7 Desa Paling Beda dan Menarik di Dunia

Desa manakah yang menyandang tempat terdingin di dunia , desa itu berjulukan Desa Oymyakon di Rusia. Desa ini disebut sebagai desa terdingin di dunia , karena temperaturnya mencapai minus 71 ,2 derajat Celcius , dengan suhu rata-rata sebesar minus 50 derajat Celcius. Brrr!

Suhu tersebut tercatat sebagai suhu terendah yang pernah terjadi di suatu tempat pemukiman di bumi , yang juga yang terdingin yang pernah terjadi di belahan bumi Utara. Meski demikian , ada sekitar 500 orang yang menetap dan betah tinggal di sini. Sebagian besar bekerja sebagai penggembala rusa , pemburu dan pemancing es.

Kata Oymyakon sendiri dalam bahasa lokal yang berarti "air yang tak mampu membeku". Sangat berlawanan dengan keadaannya , yang tentu airnya selalu membeku. Sebagian besar penduduk di Oymyakon sangat mengandalkan batubara dan kayu , untuk dibakar dan menghangatkan badan mereka. Masih jarang warga disana yang memanfaatkan kemajuan teknologi modern.

Saking dinginnya , tak ada tumbuh-tumbuhan yang mampu hidup di Oymykakon ini. Untuk mengisi tenaga dan menjalani acara sehari-hari , masyarakat biasanya makan daging rusa dan kuda. Yang unik , cuma ada 1 toko yang mampu mereka datangi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
loading...