Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara yaitu kawasan yang diperuntukkan untuk para penjahat dan pelaku kriminal sehingga di desain untuk membuat ketidaknyamanan para narapidana yang ada di dalamnya. Setiap pelanggar hukum yang terbukti bersalah akan menjalankan seluruh masa hukumannya di penjara. Penjara merupakan kawasan yang paling angker bagi siapapun karena kalian dipaksa untuk hidup terpisah dari keluarga maupun dunia luar. 

Bahkan tak jarang orang yang dipenjara banyak yang mendapat intimidasi dari sesama penghuni penjara lainnya ataupun sipir yang bertugas. Setiap negara pasti memiliki penjara sebagai kawasan menghukum para penjahat. 

Pada kali ini mimin akan membahas wacana 10 penjara paling mengerikan dan terkejam di dunia , bahkan telah dikabarkan banyak menewaskan narapidana di kawasan ini untuk menimbulkan efek jera pada para narapidananya.

1. Carandiru Prison (Brazil)
 
10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara ini pernah sangat menghebohkan Brasil dan dunia ketika kerusuhan besar terjadi di penjara tersebut tahun 1992. Disini juga terjadi tragedi pembantaian massal yang melibatkan polisi setempat. Ratusan korban berjatuhan di antaranya 111 narapidana tewas terbunuh. Tragedi Caradiru bermula dari meletusnya perang antar gan'g di penjara tersebut , yang melebar hingga melibatkan banyak narapidana. 

Sebenarnya dikala itu banyak napi telah mengalah dengan melemparkan senjata mereka. Namun dijawab polisi dengan menembaki mereka dikarenakan telah membuat keonaran. Perlakuan brutal dari pihak kepolisian ini memicu protes dari seluruh dunia , tak terkecuali Amnesty Internasional yang mengkampanyekan penjara tersebut ditutup tahun 2002. Amnesty Internasional melaporkan telah terjadi pelanggaran hak-hak asasi insan di sana yang tak mampu ditolerir lagi. Bukan itu saja akomodasi penjara juga sedemikian buruk sehingga berbagi penyakit diantara narapidana.

2. ADX Florence Supermax Prison (Colorado)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara ini dibangun atas respon sebuah serangan terhadap para sipir dan staf oleh narapidana yang terjadi di penjara lain di Amerika. Di penjara ini menerapkan maximum security untuk mencegah terjadinya serangan para napi terhadap sipir ataupun staf penjara. Karenanya para napi diisolasi dari staf penjara. Para napi mengalami penyiksaaan psikologis karena selama 23 jam waktunya di habiskan di dalam sel penjara.

Menjadi narapida di ADX yaitu suatu mimpi buruk tak tak terlupakan bagi mereka. Di sana mereka mendapatkan kondisi paling buruk. Karenanya mereka yg masuk ke sini yaitu para penjahat kelas kakap termasuk yang telah berkali-kali masuk penjara. Di sinilah ‘neraka’ penjara yg mampu menyebabkan derita seumur hidup.

3. Bang Kwang Prison (Thailand)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara kejam di bangkok ini juga di sebut sebagai “Bangkok Hilton”. Penjara ini boleh dibilang sudah tidak layak lagi , selain penuh dan sesak , juga kekurangan tenaga sipir. Dikabarkan banyak tahanan disini dirantai menyerupai dipasung. Akibatnya banyak napi yang menjadi asing tanggapan stress melewati bulan bulan pertama di tahanan itu. 

Direktur penjara Bang Kwang mengakui , jika penjaranya ini yaitu paling keras diseluruh Thailand. Di sini fasilitas sangat minim , termasuk perawatan kesehatan terhadap napi yang sangat standar. Napi yang sakit hanya mampu meringkuk dengan kaki dirantai di kamarnya , sambil menunggu datangnya obat.

4. San Quentin Prison (San Quentin , California)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Pada final tahun 1930 pengelolaan penjara ini sarat sekali dengan korupsi , hingga jadinya muncul eksekutif gres berjulukan Clinton Truman Duffy yang melihat kondisi tak manusiawi dari penjara ini. Dia memutuskan untuk melaksanakan perbaikan di tahun 1940an. Tapi sebelum masuknya eksekutif gres , penjara ini dikenal sangat tidak manusiawi memperlakukan para tahanan

Kepala mereka dibotaki dan dipaksa memakai seragam yang diberi nomor , mereka makan dengan wadah ember-ember dan menghuni sel yang sangat sempit tanpa diberi lampu. Di sini nyawa tidak ada harganya. Kerusuhan antar ras kerap terjadi. Rasio antara penjaga penjara dan napi tidak sebanding , itu sebabnya banyak hal terjadi diluar kontrol.

5. Alcatraz Island Prison (San Francisco , CA)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara ini dikenal sebagai “The Rock” atau “Devil’s Island” , dibangun tahun 1920-an. Segala ketidaknyamanan lengkap ada di sini. Alcatraz dirancang sedemikian rupa sehingga amat sangat kecil kemungkinan napi mampu lolos dari sini. Alcatraz benar benar menciptakan dunia kejam sendiri. Para napi benar-benar terputus kontak dengan kehidupan di luar sana.

Pejabat penjara yang angkuh , sipir yang bernafsu , kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi di sana. Tak usah heran kaau banyak yang terkena gangguan jiwa tanggapan tekanan psikologis yang luar biasa. Bayangkan saja , disana terdapat larangan untuk tidak berbicara dengan napi lain , jika tertangkap tangan hukuman lebih berat menunggu. 

6. Diyarbakr Prison (Turki)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara ini disebut sebut sebagai penjara paling kejam di turki di mana segala kebrutalan dan kesadisan begitu biasa terjadi. Dari tahun 1981 hingga 1984 , 34 orang tawanan telah tewas karena penyiksaan berlebihan , baik psikismaupun fisiknya. Belum lagi kasus penyimpangan seksual yang merajalela di penjara ini.

Sejumlah napi bekerjsama telah melaksanakan protes terhadap pengelolaan penjara. Mereka melaksanakan mogok makan , bahkan memperabukan diri sendiri sebagai bentuk protes. Namun tidak berhasil , akomodasi dari penjara ini juga sangat mengerikan dan jauh dari standar. Di sini pernah terjadi peristiwa menggerkan di mana belum dewasa dijebloskan disini dan mendapat hukuman penjara seumur hidup. 

7. La Sante Prison (Paris , Perancis)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Sungguh ironis memang dengan arti kata ‘La Sante’ yang berarti health (kesehatan) dalam bahasa Inggris. Karena pada kenyataannya hidup di penjara ini sungguh tidak sehat. Perbudakan antar sipir ke napi , napi ke sesama napi , sudah menjadi hal yang biasa. Kasus pemerk*saan antar sesama napi sangat tinggi dan hampir terjadi setiap hari. Tak heran kalo banyak napi tak tahan jadinya bunuh diri atau menjadi gila. 

Sepanjang tahun 2002 dikabarkan telah terjadi 122 kasus bunuh diri napi. Disusul 73 napi pada pertengahan 2003. Kecenderungan bunuh diri ini kemungkinan karena kondisi hidup yang mengerikan disana. Penjara yang terlalu padat , akomodasi minim , serta aneka kekerasan yang terjadi disini diduga sebagai pemicu utama tindakan bunuh diri.

8. La Sabaneta Prison (Venezuela)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Kekerasan dan kekejaman telah menjadi santapan hari-hari oleh para tahanan di penjara ini. Fasilitas yg sangat minim , membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar. Maklum , pelayanan dokter sangatlah minim , bahkan nyaris tak ada. Makanan kurang dengan menu yg jauh dari sederhana.

Kondisi napi di Penjara La Sabaneta yaitu yang jelek dari yang terjelek. Tak heran kalo wabah kolera sempat mampir kemari dan memakan korban 700 napi. Di sini pun pernah terjadi pembataian masal yg mengambil korban 100 an napi tahun 1994. Kematian merajalela di La Sabaneta. Salah sedikit , nyawa mampu melayang. Para staf penjara yg malas mengurusi napi , sehingga para napi mampu leluasa berbuat semaunya. mereka adu bahkan membunuh sesama napi. Para penjaga ‘menutup mata’ atas kejadian2 ini.

9. Tadmor Prison (Suriah)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Kematian di penjara ini sepertinya sudah tak terhitung lagi banyaknya. Kekerasan di Tadmor begitu mengerikan dan benar-benar tak kenal ampun kepada siapapun. Seorang mantan napi Tadmor menggambarkan penjara ini sebagai kerajaan maut dengan segala kegilaan yang mengerikan.

Tadmor memiliki penjaga sipir haus darah , narapidana penjagal , dan tawanan politik yang berkuasa. Pada tahun 1980 , sesudah percobaan pembunuhan pada Presiden (di Damaskus) , narapidana disini terpaksa membayar mahal semuanya. Para perajurit militer penyerang penjara , mereka menggunakan halicopter dan mendarat di Tadmor. Para prajurit ini membatai 500 orang tawanan di sel mereka. Para napi ini mati mengenaskan , tidak dapat menyelamatkan diri karena para sipir merantai kaki mereka di sel.

10. Rikers Island Prison (Rikers Island , New York)

10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia

Penjara Pulau Rikers ini terletak di New York dan sangat terkenal dengan kekejamannya. Hal ini dapat dilihat dari kasus yang terjadi pada tahun 2003 yang mengabarkan bahwa terdapat 6 tahanan yang mati bunuh diri karena stres tanggapan penyiksaan dan tahun 2007 seorang tahanan mengalami penyiksaan kejam sehingga harus menjalani operasi pembedahan otak.

Itulah penjara paling kejam dan mengerikan di dunia. Semoga dengan mengetahui kejamnya hidup di penjara akan membuat kalian untuk hidup lebih baik lagi dan terhindar dari tindak pidana.
loading...