Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Fakta Unik Tentang Komodo yang Belum Banyak Orang Tau

Kita tentu harus besar hati dengan Indonesia , sebab Indonesia mempunyai banyak alam dan budaya yang beraneka ragam. Keajaiban perihal alam Indonesia sudah sangat terkenal mancanegara , terutama Komodo sebagai binatang prasejarah dan hanya hidup di Indonesia.

Komodo " New 7 Wonders "

Tentunya banyak yang ingin pergi ke Taman Nasional Komodo untuk melihat salah satu binatang reptil purba yang masih hidup ini , tetapi orang tidak banyak yang tahu lebih dalam Komodo itu ibarat apa.? Inilah beberapa fakta yang tidak di ketahui banyak orang sepurtar binatang Komodo ini.

1. Populasi Komodo

Komodo termasuk binatang purba yang tidak ada di bumi episode manapun , dan hanya ada di Pulau Komodo , Manggarai Barat , NTT , Indonesia. Namun beberapa juga ada di negara lain sebab beberapa hal contohnya untuk tubuh penelitian dan memperbanyak populasinya.

Komodo di Indonesia hidup secara asli mencari makan dengan berburu tanpa santunan insan , biasanya mereka memangsa kijang , kerbau , monyet dll. Untuk Komodo yang masih kecil memakan serangga. Komodo memangsa eksklusif tanpa mengunyah (sama ibarat ular). Komodo ini cukup makan satu kali dalam satu bulan


2. Senjata Komodo

Komodo memiliki ekor sama panjang dengan tubuhnya dan ada sekitar 60 buah gigi tajam sepanjang sekitar 2 ,5 cm. Air liurnya merupakan senjata utama komodo yang mengandung banyak kuman luar biasa dan berbahaya yang terkandung didalam air liur tersebut. 

Mangsa yang mendapat gigitan , biasanya akan mati dalam waktu dua puluh satu hingga tujuh hari sebab septicemia atau keracunan darah. Di tahun 2009 , peneliti menyatakan bahwa Komodo memiliki racun yang , mencegah pengentalan darah sehingga menimbulkan pendarahan yang jago pada mangsanya.


3. Komodo Tidak Punya Indra Pendengar

Komodo tidak memiliki indera pendengaran , meski pun ia memiliki lubang telinga. Komodo bisa melihat hingga sejauh 300 meter , namun sebab bentuk retinanya ibarat kerucut , binatang ini tak begitu baik ketika melihat di kegelapan malam. Komodo bisa membedakan warna namun tidak bisa membedakan obyek yang bergerak. Komodo ini menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium mangsanya. 

Seperti binatang reptil lainnya , Komodo dapat mengetahui arah ketika gelap menggunakan lidahnya. Dengan santunan angin dan kebiasaannya menggelengkan kepala ke kanan dan kiri ketika berjalan , komodo dapat mendeteksi eksistensi daging bangkai hingga sejauh 4-9 ,5 kilometer. Ada yang unik sebab Komodo pernah dianggap tuli ketika para peneliti melaksanakan penelitian.


4. Masa Kawin Komodo

Masa kawin komodo ada di antara bulan Juli dan Agustus. Kurang lebinhya ada 3 komodo jantan akan memperebutkan 1 komodo betina. Saat itu komodo jantan akan sangat bergairah dan sering laga memperebutkan betina. Dan hanya pada ketika itulah komodo bisa bangun di atas dengan kedua kaki belakangnya.

Satu bulan setelah masa kawin , komodo betina bertelur jumlahnya hanya 15-30 butir. Telur telur itu disembunyikan didalam lubang sedalam 2 meter. Untuk mengelabui para predator , sang induk komodo biasanya membuat 2 lubang palsu. 
loading...