Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Bumi kita ini sangat luas dan kaya akan daratan , lautan dan sebagainya , termasuk sungai di dalamnya yang mempunyai beragam keunikan tersendiri di setiap negara di dunia ini. Tentu dikala kecil kita sudah sering sekali mendengar nama sungai nil , sungai amazon.

Yaps sungai-sungai tersebut merupakan salah satu sungai terpanjang di muka bumi ini , lalu bagaimana sungai yang lain. Kali ini mimin akan membahas ihwal 8 Besar Sungai Terpanjang di Dunia yang agar mampu menambah wawasan kalian semua.


1. Sungai Nil , Mesir

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Yaps mengawali pembahasan sungai terpanjang tentu yang pertama yaitu Sungai Nil. Tentu lah kalian tidak absurd lagi mendengar nama sungai ini , karena sungai tersebut sudah menjadi simbol sungai terluas di dunia yang paling terkenal. Panjang  keseluruhan sungai mencapai 4180 mil.

Letak hulunya di Danau Victorial hingga berakhir di laut mediterania. Melintasi beberapa negara Afrika antara lain Ethiopia , Zaire , Kenya , Uganda , Tanzania , Burundi , Rwanda , Sudan dan Mesir.
Sungai ini juga sebagai saksi sejarah peradaban bangsa Mesir semenjak ribuan tahun lalu. Sungai ini juga disebut juga sebagai Sungai Kehidupan di tanah mesir.


2. Sungai Amazon , Brazil

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di dunia , dengan panjang kurang lebih 3912 mil. Alirannya dimulai dari danau Fed di Pegunungan Andes Peru yang kemudian mengaliri beberapa negara Amerika Latin : Equador , Kolombia , Brasil dan berakhir sempurna di Samudra Atlantik.

Memiliki total pemikiran air terbesar dunia dari sungai manapun , bahkan jikalau dibandingkan dengan pemikiran sungai Nil , Mississipi dan yang lain. Meskipun predikat sungai terpanjang di dunia dipegang oleh sungai Nil , namun sungai Amzon lah yang memegang peringkat pertama sebagai sungai pemikiran terkuat di dunia.


3. Sungai Yangtze , Cina

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai ini termasuk juga sungai terluas dengan panjang mencapai 3.602 mil dan menjadi sungai terpanjang ketiga diantara sungai lainya didunia. Sebutan lain dari sungai Yangtze ini yaitu Sungai Chang Jiang yang mengaliri Tibet dan berakhir di laut China.

Beberapa waktu lalu , sungai ini mengejutkan dunia dengan warna sungainya yang tiba-tiba berkembang menjadi merah. Namun tak terperinci hingga dikala ini karena berubahnya warna air tersebut menjadi merah. Ada yang beranggapan hal tersebut dikarenakan polusi industri , ada pula yang mengatakan bahwa sebabnya yaitu ledakan populasi mikro organisme.


4. Sungai Mississippi , Amerika

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Mississippi merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika setelah sungai Amazon , panjangnya sekitar 2.320 mil atau 3.734 kilometer. Alirannya berawal dari danau Itasca Minnesota , melewati beberapa negara adegan Amerika Serikat yakni Winsconsin , Iowa , Illionis , Missouri , Kentucky , Tenesse , Arkansasdan berakhir di teluk Meksiko.

Nama Mississipi ini diambil dari bahasa penduduk asli amerika yang berarti “Bapak Air”. Sungai Mississippi ini memiliki beberapa anak sungai , antara lain sungai Minnesota , sungai St.Croix , sungai Wisconsin , sungai Illionis , sungai Missouri , sungai Ohio dan sungai Arkansas.


5. Sungai Kuning/Hwang Ho , Cina

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Kuning ini juga termasuk 10 Sungai Terpanjang di dunia , Letak persisnya yaitu di sekitar kawasan Cina Utara. Memiliki panjang hingga 2900 mil dan akan terlihat terperinci sekali sungai ini berwarna kuning jikalau di foto dari atas.

Aliran sungai ini berhulu di gunung Kuanlan yang mengalir hingga teluk Vhihli , Cina adegan barat. Dan sungai ini berperan penting dalam kehidupan masyarakat Cina semenjak tujuh ribu tahun lalu


6. Sungai Ob , Rusia

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Ob ini terletak di kawasan Siberia yakni adegan barat negara Rusia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 3.459 mil. Alirannya sungai ini berawal dari sungai digunung Belukha Republik Altai , mengalir dan melewati beberapa negara di Asia dan Eropa , yakni Rusia , Kazakhstan dan Mongolia dan berakhir di teluk Ob.


7. Sungai Yenise , Rusia

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai terpanjang dunia selanjutnya yaitu Sungai Yenise di Rusia. Sungai yang berawal dari gunung Tannu-Ola di Rusia kemudian hilirnya berakhir di Samudra Artik. Total panjangnya sekitar 3434 mil. Sungai ini menjadi sangat unik dai karenakan sungai ini ternyata sering membeku sepanjang tahun.


8. Sungai Kongo (Sungai Zaire) , Republik Kongo

8 Besar Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai Kongo ini juga dikenal sebagai sungai Zaire yang menjadi sungai terbesar di Afrika Tengah. Panjangnya sungai ini mencapai 2716 mil. Aliranya diawali dari pertemuan sungai Lualap dan Luapula yang kemudian berakhir di Samudra Atlantik.

Sungai Kongo ini juga pernah menyandang predikat sebagai sungai terdalam di dunia dengan titik kedalaman hingga 220 meter di atas permukaan air.


Nah itulah sedikit ulasan mengenai 8 Besar Sungai Terpanjang di Dunia , agar artikel dapat menambah wawasan dan menjadi materi bacaan yang menarik buat kalian semua. Share ?
loading...