Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Inilah Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Dalam khayalan kita seringkali desa merupakan tempat yang penuh dengan pemandangan hijau yang segar dari polusi. Desa menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan diri , alasannya yaitu biasanya terletak di tempat yang agak jauh dari perkotaan.

Jika pada artikel sebelumnya kitatelah membahas wacana Desa Unik dan Menakjubkan di Dunia yang berisi daftar-daftar desa unik dan menakjubkan yang menarik untuk kita baca. Kali ini Mimin akan membahas sesuatu yang hampir sama di artikel sebelumnya namun dalam ruang lingkup indonesia.

Inilah mimin akan sajikan artikel mengenai Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia , mari kiita simak di bawah ?

1. Desa Kepiting

Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Ada sesuatu yang asing dengan penduduk yang berada di Dusun Ulutaue , Desa Mario , Kecamatan Mare , Bone , Sulawesi Selatan. Di daerah ini hampir semua warganya mengalami kelainan fisik yang aneh. Rata-rata jari tangan dan kaki penduduk di desa ini menyerupai mirip kepiting yang terbelah dua dan terkadang hanya memiliki tiga ruas jari.

Bisa jadi , abnormalitas tersebut memang lantaran asupan gizi yang kurang semenjak usia dalam kandungan. Maklum warga disini rata-rata bekerja sehari-hari sebagai nelayan. Ironisnya , hingga sekarang belum ada satu pun tim medis atau pemerintah setepat meneliti bahkan mengobati para penduduk di kampung itu.

Akibat abnormalitas pada jari-jari mereka , sebagian warga desa lain di sekitar ada yang merasa jijik bergaul dengan mereka. Tidak hanya itu , perkampungan mereka pun diberi sebutan ‘Kampung Manusia Kepiting’ oleh warga setempat.

2. Desa Tanpa Kasur

Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Dusun kasuran yaitu salah satu dusun yang ada di desa margodadi , kecamatan sayegan , Sleman , Yogyakarta. Jika kalian datang kedesa ini memang tampak tak yang asing , tapi kalau kau mau tidur nanti pasti akan mencicipi keanehan. Karena rata rata warga desa ini tidur tidak pernah mengunakan kasur.

Tradisi tidur tidak di atas kasur ini merupakan tradisi turun temurun warga desa margodadi. Mayoritas dari mereka tidur hanya beralaskan tikar atau dipan yang tidak ada kasurnya.

3. Desa Tanpa Air Bersih

Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Sudah lebih dari 40 tahun warga Desa Kubangsari , Kecamatan Ketanggungan , Kabupaten Brebes , Jawa Tengah , hidup tanpa adanya air bersih. Mereka merasa hidup yang tak layak di sebuah negara yang merdeka. Desa yang berpenduduk lebih dari 2.255 jiwa ini hidup tanpa air bersih.

Air bersih di desa ini bagai kan barang yang sangat berharga , perlu upaya pemerintah untuk membantu warga di desa ini utuk menerima kenikmatan mengkomsusmsi air bersih. Konon katanya , desa ini terkena kutukan alasannya yaitu ada seorang nenek yang meminta air minum ke warga desa tapi tidak ada yang ngasih. Pemerintah telah membangun sumur bor untuk menerima air bersih , sayangnya alhasil pun sia-sia tidak ada air bersih yang muncul ke permukaan.

4. Desa Tanpa Rokok

Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Desa Bone-bone memang semenjak lama sudah menerapkan larangan merokok untuk seluruh warganya. Tidak hanya warga , tetapi siapa saja yang datang kedesaini dilarang untuk merokok disini. Memang pada awalnya , larangan ini hanyalah norma yang tidak memiliki aturan tertulis , tetapi kemudian pada tahun 2003 , dibuat peraturan resmi untuk larangan merokok.

Penerapan peraturaan Desa ini perlu diacungkankan jempol serta mampu dijadikan teladan bagi desa lain yang ada di Indonesia , dimana pemerintah desa gotong royong masyarakat memerangi rokok dan bertekad menjadi desa bebas asap rokok.

5. Desa Keterbelakangan Mental

Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Lebih dari 450 warga dari tiga desa yakni Desa Patihan , Pandak , dan Sidoharjo , Kabupaten Ponorogo , Jawa Timur , mengalami keterbelakangan mental alias idiot. Kondisi ini diyakini sudah terjadi semenjak tahun 1970-an. Saat itu terjadi kemarau yang berkepenjangan di lereng perbukitan Rajekwesi yang menjadi awal malapetaka kemiskinan. Tiga desa tersebut bersebelahan hanya dipisahkan oleh gugusan perbukitan Rajekwesi.

Kepala Desa Karang Patihan menuturkan , semenjak kemarau menerjang kondisi desa di sekitar perbukitan menjadi tandus dan berkapur. Tidaak sedikit warga yang kekurangan gizi , kekurangan iodium , sehingga mengakibatkan kebodohan otak mereka. Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo membenarkan hal tersebut. Menurut ia , salah satu penyebab keterbelakangan mental ratusan warga yaitu kekurangan iodium yang banyak terdapat pada garam atau kecap.

6. Desa Teletubbies

Desa-Desa Unik dan Aneh di Indonesia

Sangat Lucu dan unik memang bangunan yang terletak di desa ini , berada di trngah tempat pedesaan tradisional berpadu kontras dengan bentuk bangunan yang oval. Sekilas menyerupai perkampungan Hobbit di film The Lord of the rings. Secara fungsional sebetulnya rumah ini dikatakan sebagai rumah domes , tapi oleh warga sekitar lebih familiar disebut dengan rumah Teletubbies , sebuah tayangan bawah umur yang pernah popular di awal tahun 2000-an.

Keberadaan Desa Teletubbies di Ngelepen , Prambanan ini tidak lepas dari bencana gempa bumi besar yang sempat meluluhlantahkan Yogyakarta pada 27 Mei 2006. Kala itu , ada satu daerah di perbukitan yang mengalami kerusakan total yakni Dusun Sengir , dimana tanah kampungnya sempat ‘ambles’ hingga enam meter lebih. Karena sudah tidak layak huni lagi , warga Dusun Sengir direlokasi ke perkampungan gres , yang kini dikenal sebagai new Ngelepen.

Sungguh sangat unik memang Dusun Teletubbies ini. Terlebih rumah domes ini merupakan satu-satunya kompleks rumah domes yang ada di Indonesia , bahkan mampu dihitung dengan jari keberadaanya rumah jenis ini di dunia.
loading...