Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Kisah Misteri Paling Populer di Danau Toba

Kalian tentu tidak asing lagi dengan Danau toba , danau yang yang mengagumkan dimana ditengah tengahnya berada sebuah pulau berjulukan samosir. Diperkirakan , tak sedikit pengunjung yang sudah pernah datang melihat keindahan Danau Toba dan merasa kagum akan panorama yang dimiliki Danau Toba , baik pengunjung lokal maupun manca negara.

Namun dibalik keindahan Danau Toba yang menjadi salah satu icon wisata pujian warga Sumatera Utara tersebut , terungkap aneka macam legalisasi masyarakat yang sering dikait-kaitkan dengan kesan berbau mistis di beberapa lokasi di Danau Toba. Dilansir dari aneka macam sumber , ini beliau sepuluh kisah horor di Danau Toba yang patut kalian ketahui.

7 Kisah Misteri Populer di Danau Toba


1. Sosok Wanita Berwajah Rata

Menurut Kisah ada sekelompok cowok yang mengakui mengalami kejadian misterius di penginapan tepian Toba. Saat itu bawah umur muda tersebut memilih untuk bermain di pinggiran perairan Toba sempurna tengah malam alasannya tak mampu tidur. Dari sekelompok cowok itu ada seseorang yang memilih duduk di tepian danau alasannya tidak ikut bermain. 

Saat teman-temannya sedang asyik bermain , beliau melihat ada sosok wanita misterius tiba-tiba muncul di akrab teman-temannya yang bermain air. Wanita misterius itu berjalan keluar dari danau dan ke arahnya. Betapa kagetnya ketika wanita itu mendekat , alasannya yang dilihat bukanlah sosok wanita berwajah cantik , namun wanita tersebut berwajah rata tanpa adanya mata , verbal ataupun hidung.

2. Tangisan Misterius

Sebagai danau yang sangat mengagumkan , Toba memang menyampaikan pemandangan paling memukau yang tak hanya siang hari namun juga ketika malam tiba. Oleh karenanya , banyak orang yang memilih bermalam untuk menikmati sinar rembulan di danau ketika malam tiba. 

Namun ternyata ada pula sosok-sosok makhluk mistis tak kasat mata yang seakan masih memiliki tanggungan di dunia yang ikut serta menikmati malamnya di pinggir danau. Awalnya tangisan ini terdengar samar , namun setelah ditelusuri bunyi ini semakin terperinci dan ternyata berasal dari sudut danau ini. Tentunya banyak orang yang bertanya-tanya , namun konon bunyi ini yaitu bunyi yang merupakan tangisan arwah yang meninggal karam pada danau ini.

3. Ikan Mas Raksasa

Menurut dongeng rakyat yang diyakini secara turun menurun memang menyebutkan bahwa di Toba ada sosok tiga ekor ikan mas yang sangat besar dengan warna khas Batak yaitu merah , hitam dan putih. Menurut legalisasi masyarakat sekitar , mereka acap kali melihat ketiga ekor ikan berukuran berbeda antara 5-10 meter melintasi danau. 

Nelayan di perairan Toba selalu gelisah ketika rombongan ikan itu lewat alasannya kerap kali merusak penangkap jala ikan mereka. Konon katanya ketiga ekor ikan itu yaitu jelmaan penunggu Toba yang telah ada selama ratusan tahun silam. 

7 Kisah Misteri Populer di Danau Toba

4. Sosok Naga Penjaga Danau

Menurut legalisasi warga disekitar danau mengatakan bahwa mereka sering melihat sosok naga di danau toba. Konon , menurut mitos yang berkembang di sana , naga itu yaitu anak dari Pak Toba yang bermetamorfosis seekor naga yang sampai kini menjaga danau. 

Lebih seramnya lagi , naga tersebut sampai ketika ini masih sering menampakan diri. Beberapa nelayan yang sering menjala ikan di danau Toba kadang mendapati makhluk besar bersisik ibarat ular besar berenang di permukaan danau. Namun , tak seorang pun yang sanggup untuk menunjukan kebenaran naga tersebut.

5. Sosok Begu Ganjang

Begu Ganjang yaitu sesosok makhluk mistis yang dikenal oleh etnis Batak Toba. Begu Ganjang berarti hantu panjang yang keberadaannya kerap dikaitkan dengan fenomena ajaib ibarat orang yang tiba-tiba sakit atau meninggal secara mencurigakan. Mereka yang pernah melihat , menjelaskan kalau Begu Ganjang yaitu makhluk tinggi besar yang kalau dilihat mampu mencekik orang yang melihatnya.

Sosoknya ini dipercaya berambut panjang dan suka berdiam di pucuk-pucuk pohon yang tinggi. Meski eksistensi makhluk ganjil ini masih menjadi perdebatan namun banyak yang percaya atas kehadirannya.

6. Wajib Ucapkan Permisi 'Santabi Oppung'

Memang sudah banyak hal yang terjadi di Toba baik buruk ataupun tidak. Untuk menuju Toba memang harus melintasi aneka macam tanjakan yang berliku. Konon katanya di antara jalanan berliku dan lembah-lembah di sekitar danau ada sebuah gua misterius yang ketika kendaraan melintasi bab depannya akan tiba-tiba mati mesin tanpa alasan jelas.

Masyarakat percaya kalau demikian maka harus mengucapkan kalimat ‘Santabi Oppung’ yang berarti permisi dalam bahasa Medan sambil meletakkan sebatang rokok yang sudah menyala. Dan kemudian mesin kembali menyala , konon dongeng ini sama persis dengan dongeng yang dipercaya ada di tempat Batu Lubang , Sibolga.

7. Karma Dari Penunggu Danau


Banyak aturan yang diberlakukan di danau ini selayaknya peraturan tempat wisata lainnya. Hal ini yaitu salah satu cara yang digunakan untuk mampu menjaga tempat ini dan juga orang yang ada di sekitarnya untuk jauh dari gangguan mistis penunggu danau.

Namun suatu ketika ada seorang wanita yang melanggar salah satu peraturan danau tersebut , dengan maksud untuk menunjukan mitos-mitos warga setempat. Ternyata setelah wanita ini melanggar aturannya , alhasil beliau diketahui tewas karam di danau ini. Mungkin saja penunggu danau ini merasa marah sehingga mengganggu wanita ini.
loading...