Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Kisah Misteri dari Lukisan Monalisa yang Terkenal Itu

Nama Monalisa sangat terkenal dan pernah menjadi fenomena di seluruh dunia terutama di dunia seni. Monalisa adalah nama dari sebuah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada kurun ke-16 dengan model seorang wanita muda.

Monalisa menjadi sebuah fenomena alasannya banyak orang yang terpesona ketika memandang lukisan ini. Hal ini dikarenakan segala sesuatu mengenai siapakah model perempuan muda dalam lukisan ini merupakan suatu misteri , tahun pembuatannya , sampai mengenai senyumannya yang fantastis

Misteri Cerita Dibalik Lukisan Monalisa

Sebuah Lukisan Yang mempunyai "Sejarah Hidup"

Hingga ketika ini , belum terang asal undangan dari lukisan ini hal ini alasannya tidak ad adata yang pasti perihal sejarah lukisan monalisa , tahun pembuatan dan siapakah sebenarnya wanita muda dalam lukisan tersebut. Sehingga tidaklah mengherankan terdapat beberapa versi mengenai sejarah Lukisan Monalisa.

Tetapi ketika ini ,kebanyakan orang berpatokan kepada versi Giorgio Vasari , seorang penulis buku biografi dari Leonardo Da vinci sang pelukis monalisa. 

Menurutnya , Leonardo da vinci mulai melukis "Monalisa" pada tahun 1503 yaitu pada ketika ia kembali dari kota Florence italia ,saat itu da vinci menerima peran dari aristokrat Francesco Di bartolomeo untuk melukis potret istri ketiganya yang berjulukan Lisa Di Antonio Maria Di Noldo Ghereadini.

Sesungguhnya Leonardo Davinci telah menyelesaikan lukisan ini empat tahun kemudian , namun anehnya Leonardo da vinci tidak menyerahkan Lukisan Monalisa kepada pemesan dengan alasan yang misterius. Leonardo da vinci pun membawa lukisan ini ketika hijrah ke perancis pada tahun 1516. Disana lukisan monalisa malah dijual ke pada raja perancis yang juga merupakan sobat terdekatnya King Francois.

Selama beberapa kurun Lukisan ini menjadi koleksi raja-raja perancis bahkan pernah pula digantung diruangan kamar Napoleon Bonaparte. tetapi ketika kekuasaan Napoleon Bonaparte berakhir , lukisan Monalisa disimpan di Museum Louvre di paris.

Pencurian Lukisan MonaLisa

Pada tahun 1911 dunia seni lukis sempat dihebohkan dengan kejadian pencurian lukisan Monalisa dan pada tahun 1956 bab bawah dari lukisan Monalisa rusak dikarenakan tersiram oleh cairan asam dan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan , Lukisan monalisa pun kembali diamankan dalam sebuah kotak beling anti peluru di Museum Louvre.


Senyuman Monalisa

Senyuman Monalisa yang misterius itu pun menjadi sebuah teka teki sendiri bagi para pengamat seni seni lukis. Kebanyakan dari mereka bertanya apa yang dirasakan Lisa pada ketika itu? Banyak yang mengira bahu-membahu wanita wanita pada kurun ke 16 memang dibiasakan untuk selalu tersenyum menyerupai itu semoga terkesan elegan dan misterius.

Ada pula pendapat dari seorang dokter dari italia yang berpendapat bahwa Model pada lukisan minyak Monalisa ini menderita penyakit Bruxism , dan yang paling terkenal ialah pendapat dari Sigmund Freud seorang neurologis terkenal berkebangsaan austria mengatakan bahwa senyum mona lisa ialah senyuman dari Caterina yaitu ibu dari Leonardo Da vinci , yang senyuman nya selalu dicontoh oleh da vinci dalam setiap lukisan yang ia buat.

Pengamatan Stereoskopis Pada Lukisan Monalisa


Misteri Cerita Dibalik Lukisan Monalisa
Monalisa
Sebuah teori terbaru yaitu teori yang dicetuskan oleh dr. Lilian Schwartz dari bell labs yang mengatakan bahwa sebenarnya Leonardo da vinci itu melukis dirinya sendiri atau self potrait dan untuk pertanda teorinya tersebut.

Ia menganalisa bentuk wajah di lukisan Monalisa dan wajah Leonardo da vinci menggunakan komputer , dan karenanya bagi sebagian khalayak memang berpendapat bahwa bentuk wajah bab atas dari lukisan Monalisa sama persis dengan bentuk wajah bab atas leonardo da vinci.
loading...