Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Makhluk mitologi merupakan makhluk yang dikisahkan dalam sejarah maupun legenda , yang memiliki bentuk serta kemampuan magis. Setiap suku bangsa , negara dan agama memiliki makhluk mitologinya masing-masing mereka yang mereka percayai.

Agama Islam dalam Al-Quran dan hadist menceritakan wacana sosok yang dipercaya sudah muncul dan nantinya akan muncul. Misalnya sosok ‘Buraq’ yang mengantarkan Nabi Muhammad SAW menjemput perintah Shalat pada peristiwa Isra’ Mi’raj , atau sosok Imam Mahdi dan Dajjal yang nantinya akan keluar di tamat zaman.

Bagaimanakah bentuk dan kisah mereka dan siapa lagi sosok misterius yang digambarkan dalam Al-Quran dan Hadist?

Berikut ini merupakan ulasannya.

1. Buraq

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Buraq atau “cahaya atau kilat” ialah sesosok makhluk tunggangan absurd , yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Tuhan tebuat dari cahaya.

Besarnya melebihi keledai dan lebih kecil dari kuda. Buraq diriwayatkan mirip makhluk legenda seekor kuda putih yang bersayap burung berbulu. Namun diriwayat lain juga dijelaskan bahwa buraq mirip burung putih yang besar.

Namun Buraq tidak berasal dari jenis makhluk , namun Ia tercipta dari cahaya. Para hebat membenarkan bahwa pergerakan yang paling cepat yang bisa membawa Nabi Muhammad ke langit ke tujuh ialah cahaya. 

Dilihat dalam kamus bahasa , maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw” , ia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Sebenarnya “buraq” itu ialah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat”.

2. Dabbat al-Ard

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Dabbat al-Ard merupakan binatang buas melata yang nantinya akan keluar sebelum hari kiamat dari perut bumi. Hewan melata ini akan keluar tepatnya dari kota Mekah bersahabat gunung Shafa. Sebelum matahari terbit dari barat.

Ia akan keluar dan berbicara dengan bahasa yang fasih dan jelas. Dabbat al-ard ini akan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Binatang itu akan memukul hidung orang kafir dengan cicin dan akan dan akan mebuat wajah orang beriman menjadi cerah dengan tongkat , sehingga Ia bisa menandakan mana orang kafir dan orang muslim.

Ibnu Juraij mengatakan bahwa Ibnu Zubair menjabarkan binatang ini dengan rinci , “Kepalanya mirip kepala kerbau , matanya mirip mata babi , telinganya mirip pendengaran gajah , tanduknya mirip tanduk rusa jantan , lehernya mirip leher burung unta , dadanya mirip dada singa , warna kulitnya mirip warna kulit harimau , panggulnya mirip panggul kucing , ekornya mirip ekor biri-biri jantan dan kakinya mirip kaki unta. Di antara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus.

3. Ya’juj dan Ma’juj

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Ya’juj dan Ma’juj merupakan sebutan kepada suatu bangsa yang akan muncul di kiamat , yang memiliki naluri dan kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. Kisah wacana kaum ini terdapat dalam anutan agama Yahudi , Kitab Kejadian umat Nasrani dan kitab suci umat Islam , Al-Qur’an.

Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi , dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

Mengenai sekelompok insan Ya’juj dan Ma’juj dalam tradisi religius belum dapat digambarkan secara pasti bentuknya. Ada yang menyebutnya sebagai bentuk insan , mahkluk berbentuk raksasa , suatu bangsa atau negeri.

Ya’juj dan Ma’juj juga muncul dalam banyak mitos dan dongeng rakyat di banyak negara. Ya’juj dan Ma’juj ialah dua bangsa yang sangat besar jumlahnya. Mereka masih keturunan Adam , sebagaimana di jelaskan dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim.

4. Imam Mahdi

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Imam Mahdi diceritakan akan keluar pada kiamat untuk menghancurkan semua kezaliman di muka bumi. Kemunculannya merupakan salah satu menandakan akan datangnya hari kiamat. Imam Mahdi merupakan insan pilihan Tuhan dan akan menjadi pemimpin yang adil dan jujur menggunakan harta kekayaannya yang berlimpah untuk kemajuan umat muslim.

Imam Mahdi (Seseorang yang memandu) bahwasanya ialah sebuah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar khalifah , amirul mukminin dan sebagainya. Nama aslinya ialah Muhammad , sama dengan nabi muhammad. Bahkan nama ayahnya juga sama dengan nama Nabi Muhammad yaitu Abdullah. Kaprikornus nama aslinya ialah Muhammad bin Abdullah.

Dalam hadist yang disebutkan di atas Imam Mahdi akan memimpin selama 7 atau 8 atau 9 tahun. Semasa kepemimpinannya Imam Mahdi akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezaliman , sampai satu demi satu kedzaliman akan tumbang takluk dibawah kekuasaanya.

Kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi dan pasukannya akan membuat murka raja kezaliman (Dajjal) sehingga membuat Dajjal keluar dari persembunyiannya dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya. 

Kemunculannya tidak disadari bahkan dirinya sendiri tidak mengetahui bahwa Ia ialah imam Mahdi. Ia akan keluar jikalau terjadi banyak perselisihan antar insan dan banyak terjadi gempa , ketika baitullah akan di serang dan pasukan tersebut ditenggelamkan Tuhan , Seseorang akan dibaiat di antara makam Ibrahim dengan sudut Kabah dan dikala Suatu pasukan yang datang dari negeri Syam menuju Baitullah untuk mengejar seorang lelaki yang dilindungi oleh Allah.

5. Dajjal

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Dajjal digambarkan mengalami cacat pada mata kiri , memiliki rambut keriting dan lebat. Pendapat lain mengatakan bahwa mata kanannya buta berperawakan pendek , berkaki bengkok , rambutnya keriting , buta sebelah matanya.

Dajjal merupakan sosok kafir yang sangat jahat. Ia yang membawa fitnah terbesar dalam hidup insan dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu dimuka bumi ini.

Keluarnya Dajjal merupakan tanda kiamat besar akan segara tiba. Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada para sahabatnya bahwa Dajjal akan muncul dari sebelah timur dari negeri Persia , yang disebut Khurasan..

Sebelum Dajal keluar , insan diuji dahulu dengan kemarau dan kelaparan , serta tidak turunnya hujan dan musnahnya pepohonan selama tiga tahun berturut-turut , hewan ternak pun menjadi mati.

Dajjal akan memasuki semua negeri dengan membawa kerusakan , kecuali Makkah dan Madinah , alasannya kedua kota ini dijaga oleh malaikat.

Pada awal kemunculannya Dajjal mengaku sebagai umat Islam , Ia kemudian mengaku sebagai nabi dan pada karenanya mengaku sebagai Tuhan. Makhluk ini akan dibunuh oleh Isa di kota Lud di pintu gerbang kota Palestina.
loading...