Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia Bukan Indonesia Loh !

Pulau merupakan sebuah daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi air laut. Di dunia ini ada ratusan ribu pulau yang tersebar di aneka macam wilayah , dengan masing-masing sumber daya alam dan kekayaannya yang beraneka ragam. Sebagian pulau-pulau itu ada yang dihuni insan , sementara sebagian yang lain tidak berpenghuni.

Indonesia sendiri termasuk salah satu negara yang memiliki pulau dalam jumlah banyak , bahkan banyak orang berpendapat indonesia sebagai Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia. Sebenarnya bukan loh ! Lalu negara mana yang memiliki pulau terbanyak , simak di ulasan di bawah ini.

Urutan ke 9. Palau (250 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Republik Palau ialah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik , 200 km sebelah utara Papua Barat , 255 km sebelah timur Maluku Utara , 500 km sebelah timur Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Urutan ke 8. Federasi Mikronesia (607 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Federasi Mikronesia ialah sebuah negara serikat kepulauan di Samudra Pasifik yang berasosiasi secara bebas dengan Amerika Serikat. Terletak di daerah Mikronesia di sebelah timur Papua Nugini , negara ini terdiri dari 607 pulau yang terbagi menjadi 4 negara bagian.

Urutan ke 7. Bahama (700 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Bahama ialah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari ±700 pulau di daerah Karibia. Florida , Amerika Serikat terletak di sebelah barat negaa ini dan Kuba berada di sebelah selatan Bahama.

Urutan ke 6. Fiji (844 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Republik Kepulauan Fiji ialah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik , sebelah timur Vanuatu , sebelah barat Tonga dan sebelah selatan dari Tuvalu. Fiji memiliki 322 pulau , 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecillainnya

Makara totalnya di Fiji ada 844 Pulau. Kedua pulau terbesar ialah Viti Levu dan Vanua Levu yang penghuninya meliputi 82% dari keseluruhan penduduk negara ini. Di Fiji banyak imigran yang berasal dari India/Pakistan.

Urutan ke 5. Solomon (992 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo ialah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bab selatan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini dan merupakan bab dari Oceania. Salomon terdiri dari 992 pulau yang secara keseluruhan membentuk wilayah seluas 28.450 km².


Urutan ke 4. Jepang (6.852 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Jepang ialah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik , di sebelah timur Laut Jepang dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina , Korea , dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk , dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur , tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya menjadi suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan ialah Hokkaido , Honshu (pulau terbesar) , Shikoku dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya.

Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang ialah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi yang menjadi ikon jepang. 

Urutan ke 3. Filipina (7.107 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Filipina ialah sebuah negara republik di Asia Tenggara , sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau , Filipina seringkali dianggap sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara yang mana pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat.

Filipina ialah negara paling maju di Asia setelah Perang Dunia II , namun semenjak dikala itu telah tertinggal di belakang dengan negara-negara lain akhir pertumbuhan ekonomi yang lemah , penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah , korupsi yang luas dan pengaruh-pengaruh lainnya.


Urutan ke 2. Indonesia (13.466 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Sebenarnya hingga dikala ini jumlah pulau di indonesia belum disahkan melalui peraturan pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman indonesia mengatakan pulau yang ada di Indonesia hingga dikala ini mencapai 17.500 pulau. Namun , jumlah tersebut berbeda dengan data yang dimiliki Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang memiliki data resmi 13.466 pulau.

Meski jumlah gotong royong ada 17.500 pulau , tapi yang dilaporkan ke PBB dan dinilai valid gres 13.466 pulau. Sementara sisanya , hingga dikala ini masih belum dilaporkan alasannya ialah belum memiiki nama. Karena untuk memberi nama sebuah pulau itu prosesnya lama dan harus ada keterlibatan dengan warga lokal. Kita harus tahu sejarah pulau tersebut dari penduduk disana.

Peringkat ke 1. Finlandia (179.584 Pulau)

9 Negara dengan Pulau Terbanyak Dunia , Bukan Indonesia Loh !

Finlandia ialah sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara , Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia , Norwegi , dan Rusia sedangkan batas lautnya ialah Laut Baltik di barat daya , Teluk Finlandia di selatan dan Teluk Bothnia di barat.

Finlandia ialah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau 187.888 danau dan 179.584 pulau memenuhi negara ini. Salah satu danaunya , Saimaa ialah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dan beberapa danau , lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan negara ini juga terkenal memiliki tanah yang subur.
loading...