Di Afrika Selatan Ada Beasiswa Khusus Wanita Yang Masih Perawan

Di Afrika Selatan , ada beasiswa yang diberikan kepada pelajar perempuan yang masih perawan (foto: princeton.edu)

Beasiswa pada umumnya diberikan kepada mereka yang berprestasi , baik dalam bidang akademik atau non akademik. Namun di Afrika Selatan ada beasiswa yang khusus diberikan kepada wanita yang masih perawan.

Dudu Mazibuko , walikota distrik Uthukela dari provinsi KwaZulu-Natal , memutuskan untuk menawarkan beasiswa kuliah kepada 16 wanita muda yang masih perawan. Mazibuko mengatakan kepada BBC News , beasiswa itu diberikan dengan maksud untuk mengurangi HIV , AIDS , dan kehamilan yang tidak diinginkan yang marak terjadi di wilayah tersebut.

Seperti dilansir dari International Business Times (25/1/2016) , Mazibuko mengumumkan ada 113 siswa dalam kota Uthukela yang akan mendapatkan beasiswa dalam negeri dan 16 siswa yang tidak aktif secara seksual juga akan mendapat beasiswa dari kegiatan yang disebut Maiden Bursary Awards.

Mereka yang mendapatkan Maiden Bursary Awards harus menawarkan bukti berupa tes keperawanan. Setelah itu , peserta beasiswa dilarang aktif secara seksual hingga mendapatkan ijazah untuk tiga tahun ke depan.

Afrika Selatan memiliki jumlah tertinggi di dunia dari orang yang terjangkit  HIV , dengan perkiraan 6 ,3 juta orang di negeri ini faktual HIV. Provinsi KwaZulu-Natal merupakan yang terparah dibandingkan dengan tempat lainnya di Afrika Selatan.

Sementara itu , data terbaru menunjukkan bahwa kehamilan di usia dewasa mengalami peningkatan semenjak tahun 2011. Menurut departemen pendidikan dasar negara tersebut mencatat ada sekitar 20.000 kehamilan di antara anak perempuan yang masih sekolah pada tahun 2014 lalu.

Jabulani Mkhonza , juru bicara distrik Uthukela , mengatakan beasiswa untuk perawan ialah cara terbaik untuk mendorong perempuan semoga tidak aktif secara seksual dan fokus pada pendidikan mereka.