Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Ternyata Patung Liberty Terinspirasi Dari Wanita Arab

Patung Liberty (foto: panoramio.com)

Siapa yang tidak tahu Patung Liberty? Ya , semua orang pasti tahu perihal patung yang jadi ikon negara Amerika Serikat itu. Tapi sangat sedikit orang yang tahu fakta bersama-sama di balik patung yang menyimbolkan kebebasan tersebut.

Patung Liberty rupanya terinspirasi dari seorang perempuan Muslim keturunan Arab. Semuanya berawal dikala pembuat patung asal Prancis berjulukan Frederic Auguste Bartholdi mengusulkan kepada Khedive (Gubernur) Mesir untuk membangun struktur ikonik.

Namun anjuran tersebut ditolak oleh sang Khedive dan hanya mengusulkan Bartholdi untuk menggambar seorang wanita Muslim yang nantinya akan jadi simbol Patung Liberty. Tak lama kemudian , Khedive memiliki rencana untuk membangun patung di Terusan Suez , pada tahun 1869.

Kesempatan yang mengagumkan , Bartholdi mengusulkan untuk membangun sebuah patung besar yang memakai jubah sambil memegang obor dari konsep gambar yang pernah dibuatnya.

Barry Moreno , orang yang menulis perihal dongeng Patung Liberty , mengatakan bahwa patung itu awalnya mengambil sosok perempuan petani berkerudung. Tetapi secara bertahap , perempuan petani itu menjadi seorang dewi perkasa.

Namun sayang , pembuatan patung di Terusan Suez itu masih jadi wacana hingga sejarawan Prancis , Edouard de Laboulaye mengusulkan gagasan perihal sebuah monumen yang dipersembahkan orang-orang Prancis kepada Amerika Serikat.

Pada tahun 1870 Bartholdi mulai merancang Patung Liberty berdasarkan pada desain yang pernah ia buat sebelumnya dikala di Mesir. Kemudian Patung Liberty diresmikan pada tahun 1886 dan hingga sekarang tetap berdiri kokoh di New York.
loading...