Menguak Tradisi Pernikahan Hantu Di China

Ilustrasi (foto: knowledgenuts.com)

Pernikahan biasanya dilakukan antara pria dan wanita yang sama-sama masih hidup. Tetapi di China , ada sebuah tradisi yang bikin bulu kuduk merinding , di mana ijab kabul dilakukan antara orang yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal.

Selama ribuan tahun , orang-orang di China mempercayai jikalau seseorang meninggal sebelum menikah , maka ia akan menghantui kerabat-kerabatnya.

Untuk menenangkan ruh nya , maka dilakukanlah sebuah upacara ajaib yang disebut 'pernikahan hantu'. Pernikahan ini sama dengan ijab kabul pada umumnya , hanya saja dilakukan antara orang yang masih hidup dan yang sudah mati.

Pihak keluarga dari orang yang sudah meninggal pertama-tama akan mencari calon pasangan yang mau dinikahkan dengan ruh anggota keluarganya tersebut.

Jika sudah ada , upacara ijab kabul akan segera dilaksanakan. Sama dengan ijab kabul pada umumnya , ijab kabul hantu ini juga ada makanan , tamu , dan sebagainya. Terkadang , keluarga pengantin akan menunjukkan hadiah berupa uang tunai kepada keluarga pengantin hantu.

Namun tradisi ijab kabul hantu ini sudah dilarang , sebab ada beberapa kasus penjualan jenazah wanita secara besar-besaran untuk dijadikan calon pengantin. Pada tahun 1949 , pemerintah secara resmi melarang 'pernikahan  hantu' ini.