Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Membersihkan pendengaran dengan cutton bud (foto: fromdoctor.com)

Telinga yakni salah satu indera yang dapat mendeteksi bunyi dan berperan sebagai keseimbangan posisi tubuh. Telinga sangat berperan dalam mengenal dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Karena dekat fungsinya dengan kehidupan sehari-hari , kesehatan dan kebersihan pendengaran tentu harus selalu dijaga. Salah satu pembersih pendengaran yang sudah dikenal banyak orang misalnya cotton bud.

Cotton bud dipercaya dapat membersihkan pendengaran dengan baik , namun faktanya ternyata berkata sebaliknya. Cutton bud malam mampu memahayakan telinga.

Dalam lubang pendengaran terdapat suatu lapisan kulit yang mengandung kelenjar dan mengelupas setiap harinya. Sekresi kelenjar dan pengelupasan ini dinamakan serumen yang berfungsi untuk melumasi liang pendengaran , melindungi dan membersihkan pendengaran secara alami.

Melansir Newsupdate.com , kebiasaan membersihkan pendengaran dengan cotton bud tentu akan membahayakan kesehatan pendengaran , sebab ketika mengorek pendengaran dengan cotton bud akan membuat pendengaran iritasi. Belum lagi kalau gendang pendengaran tertusuk kalau tak hati-hati menggunakan cotton bud.

Faktanya tanpa menggunakan cotton bud pun pendengaran dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami. Proses ini terjadi ketika pagi hari setiap bangkit tidur dimana serumen secar normal bergerak keluar dari liang pendengaran dibaantu gerakan rahang ketika mengunyah atau berbicara.
loading...