Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Bukit Pasir Ini Bisa Bergerak Dan Memakan Apa Saja Di Dekatnya

The Great Dune of Pyla (foto: Dream)

Di kota Bordeaux , Prancis , terdapat sebuah gunung pasir yang dijuluki 'bukit pasir hidup'. Disebut demikian , lantaran gurun ini mampu bergerak dan memakan apa saja yang ada di dekatnya.

Seperti dilansir Dream , bukit pasir berjulukan The Great Dune of Pyla itu memiliki tinggi 107 meter dan bervolume 60 juta meter kubik pasir. Setiap tahunnya , bukit pasir ini bergerak sejauh 4 ,9 meter.

Disebut juga Gurun Sahara-nya Prancis , The Great Dune of Pyla telah menenggelamkan beberapa rumah dan vila yang ada di sekitarnya.

Dalam kurun waktu 57 tahun , gurun yang memiliki panjang 3 kilometer dan lebar 500 meter ini sudah bergerak sejauh 280 meter.

(foto: amusingplanet.com)

Walau rutin bergerak setiap tahunnya , arah pasti kemana bukit pasir ini bergerak tidak diketahui secara jelas. Semuanya bergantung pada arah mata angin dan kondisi iklim di sana.

Meski berkesan sangat angker , namun bukit pasir ini malah menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Dari atas bukit pasir ini dapat dilihat pemandangan Laut Mediterania dan Pegunungan Pyreness yang eksotis.
loading...