Fakta-Fakta Tentang Bumi Yang Jarang Diketahui


Sampai dikala ini , bumi masih menjadi satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan , ada insan dan makhluk hidup lain yang tinggal di dalamnya. Banyak misteri wacana bumi yang masih banyak belum diketahui orang

Namun dengan seiring berjalannya waktu telah banyak penelitian yang terus menerus membongkar wacana planet yang kita huni ini. Rupanya , banyak anggapan wacana bumi yang selama ini dianggap benar , ternyata salah besar.

Bumi kita terdiri dari 70% air dan 30% sisanya merupakan daratan. Tetapi masih ada fakta lain yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut sajikan wacana fakta-fakta planet Bumi yang jarang diketahui.

5. Bumi tidak bundar sempurna

Jika mengingat kembali pelajaran sekolah dasar , bumi dikatakan bundar tepat menyerupai bola. Tetapi pada kenyataanya ternyata bumi tidak bundar tepat karena memilki tonjolan ekuator yang disebabkan oelh gaya gravitasi. Radius equator bumi ialah 3.963 ,34 mil sedangakan polar radius bumi ialah 3.949 ,99 mil.

4. Satu hari tidak sama dengan 24 jam

Satu hari di bumi terhitung sama dengan 24 jam. Tetapi faktanya bumi berputar pada posorsnya (berotasi) tepatnya 23 jam 56 menit 4 detik. Hanya terdapat selisih beberapa menit dikala bumi berputar dan kembali pada keadaan semula.

3. Bumi memiliki kembaran berjulukan Theia

Para ilmuwan mengklaim bahwa bumi memilki kembaran berjulukan Theia. Hal ini berdasar pada dikala penciptaan bulan. Dikabarkan milyaran tahun lalu terdapat planet menyerupai Mars dan berada 60 derajat di depan atau di belakang bumi.

2. Satu-satunya planet berlempeng tektonik

Berdasarkan penelitian para ilmuawan , bumi memiliki 7 lempengan utama kerak bumi yang bergerak ke arah berbeda hingga 4 inchi per tahunnya. Jika bertubrukan , lempeng-lempeng inilah yang mengakibatkan gepa dan gunung meletus terjadi.

1. Suhu terdingin bumi ialah -128 ,6 F

Cuaca bumi dibilang ekstrim alias tak menentu setiap kalinya. Cuaca terdingin yang pernah dialami bumi ialah pada tahun 1983 di Vostok Station , Antartika yaitu mencapai 128 ,6 F. Sedangkan untuk suhu terpanas bumi terjadi di El Azizia , Libiya , pada tahun 1922 yaitu mencapai 136 F.