Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

6 Gejala Awal Kanker Yang Sering Diabaikan

Batuk (foto: bbc.co.uk)

Kita semua tahu kanker ialah penyakit yang sangat mematikan dan sulit disembuhkan kalau sudah terlanjur parah. Satu-satunya cara mengobati kanker ialah dengan mengenali gejala-gejala awal kanker.

Jika gejala awal kanker sudah dikenal , kemungkinan besar kanker tersebut segera mampu diobati dan kemungkinan besar mampu sembuh total kembali. Namun sayang , banyak orang yang menyepelekan gejala awal kanker.

Rata-rata orang tidak tahu perihal gejala awal kanker dan sering mengabaikannya. Padahal , tanda-tanda awal ini kalau dibiarkan mampu jadi sel kanker yang ganas dan sulit untuk disembuhkan. Dilansir dari safebee.com , berikut enam gejala awal kanker yang sering diabaikan.

1. Penurunan berat badan

Penurunan berat tubuh yang berlebihan terjadi tanpa ada proses penurutan berat tubuh , ibarat berolahraga atau diet. Jika Anda mengalami penurunan berat tubuh tanpa karena , sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk memeriksanya.

Menurut American Cancer Socienty (ACS) , di antara persoalan medis lainnya ibarat benalu atau tiroid yang terlalu aktif , penurunan berat tubuh yang tidak dapat dijelaskan , merupakan tanda kanker perut , kerongkongan , pankreas atau paru-paru.

2. Demam

Demam dapat membantu Anda untuk melawan infeksi. Namun , kalau demam terus berkelanjutan , mungkin dapat menyampaikan gejala kanker ibarat limfoma non-Hodgkin. Jika suhu tubuh Anda mencapai 103 derajat F atau lebih tinggi lagi , sebaiknya Anda segera memeriksanya.

Menurut National Cancer Institute , gejala lain dari limfoma non-Hodgkin yaitu kehilangan berat tubuh , berkeringan di malam hari , batuk , dan pembengkakkan kelenjar getah bening.

3. Masalah menelan

Jika Anda kesulitan menelan terus menerus , segeralah memeriksanya. Hal ini dapat disebabkan oleh asam refluks atau mampu menjadi tanda-tanda dari kanker kerongkongan , tenggorokan atau perut.

4. Suara serak dan batuk

Suara tiba-tiba serak , dan batuk tak kunjung berhenti? Alangkah baiknya Anda segera mencari perlindungan medis. Suara serak dapat menjadi gejala dari kanker laring atau kelenjar tiroid , dan batuk yang mengganggu dapat menjadi gejala kanker paru-paru.

5. Luka kulit yang tak kunjung sembuh

Jika Anda melihat tahi lalat yang berubah , periksalah ke dokter karena ditakutkan itu ialah gejala kanker kulit. Perubahan kulit lainnya , termasuk perubahan pigmen , perubahan kulit yang terlihat merah , ibarat bintik-bintik , tahi lalat atau kutil , juga mampu menjadi gejala awal kanker kulit.

6. Lelah terus menerus

Jika tubuh Anda tidak terasa segar setelah berdiri tidur malam , sebaiknya Anda waspada. Kelelahan yang tak kunjung hilang mampu menjadi gejala awal leukemia , kanker usus besar atau kanker perut.
loading...