Ini Akibatnya Jika Sering Mencharge Smartphone Semalaman

Mencharge smartphone (foto : digitaltrends.com)
Semakin berkembannya teknologi dan komunikasi , semakin banyak juga aplikasi yang diterapkan pada smartphone. Aplikasi-aplikasi tersebut memang menawarkan keuntungan dan fasilitas bagi penggunanya.

Namun , semakin banyaknya aplikasi semakin menurun juga daya baterai. Bukan hanya menurun , kondisi baterai pun semakin buruk dan tidak berfungsi dengan baik. Mencharge merupakan kegiatan yang dilakukan ketika daya baterai smartphone mulai melemah atau habis. Kebanyakan pengguna mencharge ulang daya baterai mereka di malam hari ketika tidur.

Kebanyakan smartphone ketika ini memilki daya baterai yang sangat terbatas. Panas dan charging pada tegangan tinggi dapat menurunkan daya fungsi baterai.

Selain itu , smartphone yang digunakan memilki kemampuan untuk mengontrol overcharge. Namun , kalau overcharge dilakukan terus menerus selama berjam-jam dapat menimbulkan daya tahan baterai menurun.

Untuk membuat daya tahan baterai tetap baik , lakukanlah charging ketika baterai mencapai 10%-5% , alasannya charging ketika daya baterai 0% dapat menimbulkan kerusakan permanen yang membuat daya baterai tak dapat diisi kembali.

Selain itu , mencharge dengan cara biasa (tidak melalui komputer , power bank) akan lebih baik bagi usia baterai. Lakukan charge pada siang hari biar ketika daya penuh smartphone dapat segera dicabut dari charger.