Benarkah Telapak Berkeringat Tanda Penyakit Jantung?

Ilustrasi telapak tangan berkeringat (foto: sevenshift.com)

Banyak orang yang percaya bahwa telapak tangan berkeringat yakni tanda penyakit jantung. Lantas , apakah anggapan itu benar atau hanya mitos belaka?

Telapak tangan berkeringat biasanya disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan pada tubuh. Dalam ilmu medis , kelebihan keringat disebabkan oleh hormon tiroid dalam darah atau hipertiroid. Tak hanya terjadi pada telapak tangan , kedua telapak kaki juga sering berkeringat kalau kadar hormon ini sangat tinggi.

Keringat pada telapak tangan dan kaki juga menandakan seseorang telah mengalami pembakaran berlebihan pada sel-sel tubuh. Sementara itu , hipertiroid sering dikaitkan dengan penyakit jantung karena keduanya sama-sama membuat jantung berdetak lebih cepat.

Dikutip Kompas.com dari Intisari Online , keringat berlebihan pada telapak tangan bukanlah membuktikan penyakit jantung , melainkan karena hipertiroid.

Sementara penyakit jantung biasanya ditandai dengan sesak pada pernapasan , mudah lelah , nafsu makan rendah , dan gangguan memori.