Kenali Tanda-Tanda Kemungkinan Munculnya Gempa Bumi


Mengenali tanda-tanda munculnya gempa bumi memang sulit diprediksi. Berbeda dengan tsunami yang mampu dikenali tanda-tandanya , gempa biasanya muncul secara tiba-tiba tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Karena hal itu , tak heran kalau gempa sering menelan banyak korban jiwa. Contohnya saja kemarin , pada 6 Februari 2016 , gempa berkekuatan 6 ,6 SR mengguncang Taiwan. Sejauh ini dilaporkan ada 113 orang tewas jawaban gempa tersebut.

Walaupun tanda-tanda gempa sulit diprediksi , tapi ada beberapa peringatan yang mampu jadi tanda akan munculnya gema bumi. Tanda-tanda ini memang tidak memastikan akan munculnya gempa , tapi setidaknya mampu jadi peringatan.

3. Tingkah hewan jadi aneh


Biasanya hewan mampu mencicipi firasat buruk. Misalnya saja saat akan datangnya musibah , hewan-hewan suka bertingkah abnormal , burung-burung bertebaran , gelisah , dan memperlihatkan prilaku tak biasa lainnya. Menurut para hebat , insting hewan sangat tajam sampai-sampai mampu mencicipi gelombang elektromagnetis.

2. Air tanah jadi surut


Air tanah tiba-tiba surut mampu jadi tanda awal gempa bumi. Hal itu dikarenakan adegan alas bumi ada yang bergeser , sehingga air tanah masuk melalui celah-celah yang terbuat dari geseran tersebut. Pada umumnya , geseran pada adegan dalam bumi merupakan penyebab terjadinya gempa.

1. Muncul awan berbentuk abnormal di langit


Banyak masyarakat yang percaya kalau ada awan-awan berbentuk abnormal , menyerupai pohon atau badai , merupakan membuktikan akan datangnya gempa. Menurut beberapa hebat , awan berbentuk abnormal itu disebabkan oleh gelombang elektromagnetis dari dasar bumi , sehingga awan tersebut seolah tersedot ke bawah.

Sementara gelombang elektromagnetis sendiri diakibatkan karena adanya patahan atau pergeseran pada lempeng bumi. Meskipun demikian , munculnya awan berbentuk abnormal belum tentu benar akan datangnya gempa.