Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Ternyata Robot Diciptakan Pertama Kali Oleh Ilmuwan Muslim

Ilustrasi Ibnu Ismail Al Jazari

Robot merupakan sebuah alat mekanik yang dapat melaksanakan peran fidik , baik menggunakan pengawasan dan kontrol insan maupun menggunakan acara yang telah dirancang terlebih dahulu. Istilah robot berawal dari bahasa cheko yaitu "robota" yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah dan bosan.

Seperti yang kita ketahui jikalau kita membicarakan ihwal robot maka kita akan teringat oleh sebuah negara yaitu Jepang. Ya , Jepang merupakan penghasil robot-robot cerdas yang dapat menggantikan semua acara insan untuk mengerjakan sesuatu.

Namun ternyata , penggagas robot modern pertama kali bukanlah para ilmuwan asal Jepang , melainkan ilmuwan muslim berjulukan Ibnu Ismail Al Jazari yang memiliki nama lengkap Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari bertempat tinggal di Diyar Bakir , Turki selama masa kedua belas.

Robot musik

Pada awalnya Al-Jazari mengabdi pada raha-raja Urtuq atau Artuqid Bakir semenjak 1174-1200 sebagai jago teknik. Pada dikala itu ia bisa menciptakan robot insan atau bisa disebut humanoid yang bisa diprogram. Pada dikala itu ia membuatkan prinsip hidrolik untuk menggerakan mesinnya yang kemudian dikenal sebagai mesin robot.

Bukan hanya itu , Al-Jazari pun bisa menciptakan mesin robot berbentuk sebuah perahu terapung disebuah danau yang kemudian ditumpangi oleh empat buah robot berisiskan pemain musik. Robot ini diciptakan untuk menghibur semua tamu dalam suatu acara jamuan makanan dan minuman. Robot yang ia ciptakan bisa memainkan musik menyerupai insan sungguhan. Suara yang dihasilkanpun terdengar sangat indah.

Robot gajah dan keran air otomatis

Selain robot yang mahir memainkan musik ia pun bisa menciptakan pencuci tangan otomatis. Pencuci tangan otomatis itu dapat berfungsi tanpa harus memutarkan keran air yang tersedia. Sampai dikala ini pencuci tangan otomatis ini masih banyak digunakan pada toilet-toilet umum.

Semua hasil teknologi yang ia ciptakan mencapai 50 jenis dan itu semua ia kumpulkan kemudian ditulis dalam sebuah kitab berjudul "The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices" , dan itu semua mebuat spesialis teknis asal Inggris terkagum-kagum oleh semua hasil yang diciptakan Al Jazari.

Karya yang membuat ilmuwan Inggris terkagum-kagum yaitu sebuah jam gajah yang dapat beroperasi menggunakan tenaga air dan berat benda untuk menggerakan secara otomatis sistem mekanis yang terdapat di dalam sebuah jam. Jam ini diciptakan pada tahun 1206 namun dikala ini kita dapat melihat sebuah replika dari jam tersebut di Science Museum , London.
loading...