Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Orang Lampung dan Daerahnya

Selamat pagi gan… Happy Weekend…..

Kali ini gue ingin merangkum perihal fakta-fakta unik dan menarik perihal Lampung , provinsi tempat gue tinggal. Ngomongin perihal Lampung mungkin identik perihal Kopi? Gajah? Sumatera? Lada? Atau Begal? Langsung cek kebawah aja gan…

1. Kita akan kesulitan menemukan orang yang berbahasa Lampung di Lampung



Yah kita memang bakal sulit menemukan orang yang menggunakan bahasa lampung , kecuali di tempat-tempat tertentu.yaitu misalnya Kabupaten tulang bawang ,menggala ,mesuji dan di kawasan tertentu lainnya. Karena sebagian besar warga lampung itu yakni pendatang yang berasal dari banyak sekali kawasan di indonesia , sejarahnya dulu orang jawa yang pertama kali melaksanakan transmigrasi ke lampung.

Sebagian besar kota bandar lampung hanya 70% orang lampung asli dan orang jawa sekitaran 30% saja. jika di kawasan kota lampung kita sangat sulit menemukan orang yang menggunakan bahasa lampung , dan pasti malah yang kita temui banyak sekali macam bahasa setempat contohnya bahasa jawa , sunda , bali dan lain-lainnya.


2. Kita akan kesulitan menemukan makanan khas Lampung di Lampung sendiri


Memang benar Kita akan kesulitan menemukan restoran/ makanan khas Lampung di Lampung sendiri (bahkan mungkin tidak ada). Karena kebanyakan di kawasan lampung menjual makanan dari suku-suku lain dan jarang kita menemukan makanan khas lampung yaitu seruit ,seruit berkuah ,geguduh dan masih banyak lainnya.

Kebanyakan orang-orang sulit mencari tempat atau letak makanan khas lampung , tetapi sahabat tidak perlu galau karna kita mampu menerima makanan atau buah tangan lampung di toko yen-yen yang ada di teluk betung dan kawasan lainnya.


3. Manusia Tertinggi Di Lampung


 Manusia tertinggi di indonesia berasal dari Lampung. Dia berjulukan Suparwono. Pak Suparwono Lahir di Pagelaran , Pringsewu , 4 November 1985 dan wafat pada hari rabu 22 Februari 2012 akhir sakit diare.

Sebelumnya , Suparwono diklaim setinggi 270 cm atau lebih tinggi ketimbang Kosen. Ada pula yang menyebutkan , tinggi mantan pemain salah satu klub basket di Surabaya itu yakni 271 cm.Sebelumnya , Suparwono diklaim setinggi 270 cm atau lebih tinggi ketimbang Kosen. Ada pula yang menyebutkan , tinggi mantan pemain salah satu klub basket di Surabaya itu yakni 271 cm.


4. Bendungan Terbesar Se-Asia Tenggara



 Di Kabupaten Tanggamus ada bendungan air terbesar se-Asia Tenggara yaitu Bendungan Batu Tegi. Tapi sayang jika search di Google , dengan keyword ‘bendungan terbesar se-Asia Tenggara’ bukan bendungan Batu Tegi yang muncul , tapi Bendungan Wonorejo di Jawa Timur atau Jatiluhur di Jawa Barat.

 Padahal menurut gue Bendungan Batu Tegi yakni bendungan paling besar se-Asia Tenggara bahkan sedunia , itu kenapa , karna gue sendiri pernah berkunjung ke Bendungan tersebut , dan belum pernah berkunjung ke bendungan lain hehehehe. dan dibendungan watu tegi ini banyak sekali pemandangan cantik , nah jadi sahabat mampu berfoto-foto sepuasnya dibendungan watu tegi ini.


5. Kejahatan Begal di Lampung


Dan maaf , bukan diam-diam umum lagi kalo di Lampung banyak sekali tindak kejahatan Pembegalan. Seperti kata Wendy , comica yang berasal dari Lampung mengatakan bahwa kehidupan di Lampung lebih extrim dari pada kehidupan di Jakarta. umumnya banyak sekali begal-begal yang keliling setiap malam untuk mencari incarannya apalagi khususnya ditempat yang sepi.

Sebagian besar kawasan di lampung yang terkenal agresi kkejahatan  begalnya yaitu didaerah jabung. Kepolisian setempat kerap menyebut Kecamatan Mlinting dan Jabung lokasi aman bagi penjahat , termasuk begal sepeda motor , yang akhir-akhir ini merajalela di Jakarta dan sekitarnya. wih pasti sangat angker bukan ,sobat harus waspada jika melewati kawasan jabung jika mampu jangan sendirian melintasi kawasan jabung jika tidak mau terkena begal.
loading...