Tau Gak Kerugian Memakai Ban Tubeless?

Ban tubeless (foto: ototeknoz.com)

Banyak pengguna kendaraan baik yang roda dua atau pun roda empat memilih ban tubeless alasannya yaitu dianggap lebih nyaman dan bebas dari bocor.

Pada dasarnya ban tubeless tidak bebas dari bacokan paku , hanya saja jikalau tertusuk paku , pengguna masih mampu menggunakannya dan tidak usah buru-buru cari tukang tambal ban. Menjadi ban tubeless sangat cocok digunakan bagi para pengendara yang selalu risau dengan ban bocor.

Meskipun terlihat menguntungkan dibandingkan dengan ban biasa , tapi ada beberapa kerugian jikalau kendaraan menggunakan ban tubeless. Berikut kerugian-kerugian menggunakan ban tubeless.

1. Harganya pasti lebih mahal dibandingkan dengan ban biasa. Bagi orang yang dompetnya sedang tipis mungkin akan berpikir dua kali saat hendak membeli ban tubeless.

2. Struktur lapisan karet ban tubeless lebih keras dan tebal sehingga tidak cocok digunakan di jalan yang berlubang dan rusak. Jika dipaksakan , lama kelamaan pelk dan ban akan rusak jawaban benturan.

3. Ban tubeless lebih berat dibandingkan dengan ban biasa. Jika digunakan pada motor dengan cc sedikit , hal itu mampu mengurangi kecepatan motor alasannya yaitu berat ban.

4. Konsumsi materi bakar mampu boros jikalau ukuran ban tubeless nya semakin besar. Hal itu dikarenakan area kontaknya semakin bertambah yang mengakibatkan pemborosan pada materi bakar.

Nah , itulah beberapa kerugian menggunakan ban tubeless. Tergantung situasi dan kondisi , sebaiknya Anda memperhatikan saat hendak membeli ban. Yang biasa saja juga punya banyak kelebihannya.